artikel

Warna (hue, tone and saturation)

HUE
Hue (warna) adalah kesan pertama dari warna dasar suatu benda. Hue menjelaskan sebagai red, orange, yellow, green, blue, violet, purple, atau kombinasi/percampuran dari warna-warna tersebut. Sistem warna yang biasa digunakan dunia permata internasional berjumlah 31 jenis warna seperti yang tertera di grafik bawah ini dan sistem warna ini berasal (dirangkum oleh) dari GIA (Gemological institute of America).

Sistemnya menggunakan istilah singkatan: warna yang dominan atau yang lebih kuat akan menjadi warna dasar. Contohnya, Red (merah) yang menjadi warna dasar tapi mengandung sedikit warna purple (ungu) maka akan tertulis slpR (slightly purplish red) dan sebagainya. Perlu difahami bahwa warna bisa berada di perbatasan antara dua warna dan persepsi individu yang akan menilai hal ini.

TONE
Tone adalah tingkatan gelap (darkness) atau muda/ringannya (lightness) sebuah warna. Sistem ini membagi ‘tone’ menjadi 11 tingkatan. Mulai dari colorless (transparent) atau white (opaque) di tingkat 0 (nol) sampai makin bertambah gelap gray sampai black di tingkat ke 10.

SATURATION
Saturation adalah kekuatan warna atau intensitas. Sistem ini membagi menjadi 6 tingkatan. Jika hue memiliki kandungan warna brownish atau grayish maka tingkatan saturasinya berada di angka 3 atau lebih rendah. Jika warna brownish atau grayish tampak jelas maka saturasinya berada di tingkatan 1 atau 2, jika kita hanya bisa melihat sedikit saja, maka berada di angka 3. Jika tidak memiliki kandungan warna brownish atau grayish, maka tingkat saturasinya berada di angka 4 atau lebih tinggi lagi. Semakin tinggi maka semakin atraktif.

Terima kasih
Jesse Taslim

Refrensi: Gemological Institute of America (GIA)

SaveSave

SaveSaveSaveSave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s