Memang salah satu sifat dari sebuah penemuan baru akan sebuah treatment pada batumulia adalah “rahasia”. Selama mungkin, memang jika masih tertutup, maka keuntungannya akan lebih banyak lagi yang didapat.

Namun ketika dunia mulai mengetahuinya, mereka (contohnya treater Thailand) tidak tinggal diam dan merenungi akan kebocoran hal ini. Mereka mulai merubah pola fikirnya, mereka mulai berganti strategi, bagaimana caranya, agar treatment baru ini bisa diterima oleh masyarakat dunia internasional pada umumnya.

Bukankah sebuah treatment biasanya dilakukan memang bertujuan untuk menstabilkan dan memperindah sebuah batumulia?

Contohnya Ruby yang memiliki banyak retakan, bisa ditutupi dengan treatment borax maupun glassfilled, Brown dan Green Sapphire dengan saturasi warna yang rendah bisa diperbaiki dengan treatment beryllium, Topaz putih yang menjadi biru dengan treatment radiasi, Opal berwarna pucat menjadi Black Opal dengan sugar dan smoke treatment, dan banyak lagi lainnya.

Sebenarnya kita tidak kalah oleh mereka, kita adalah yang pertama kali menemukan cara membuat Cat’s eye Chrysoberyl yang berwarna hijau menjadi Coklat dengan treatment radiasi, Agate dan jasper yang tidak bermotif bisa menjadi bermotif, Chrysocolla in Chalcedony yang katanya bisa dibuat lebih transparant, Agate yang bisa menghadirkan ‘fenomena’ atau Petrified Wood dan Boulder Opal kita yang katanya memang bisa diperindah dengan suatu treatment dan banyak lagi treatment lainnya.

Kita seharusnya bangga dengan apa yang kita temukan, bukankah sama dengan mereka?, Kita juga telah menemukan bagaimana caranya agar dapat menciptakan suatu batumulia yang kurang stabil dan kurang indah menjadi sebaliknya. Selama hal ini di tutupi, maka efeknya adalah kecurigaan antara penjual dan pembeli, domestik maupun Internasional.

Salah satu contoh terbaik adalah kota Chantaburi Thailand sebagai pusat treatment dunia. Ketika benua asia terkena krisis keuangan, mereka tidak begitu bermasalah dikarenakan banyak pembelinya yang datang dari negara-negara yang tidak terkena krisis karena, treatment-treatment yang sudah mereka ciptakan, pada akhirnya telah di terima oleh dunia Internasional. Bahkan kita menjadi salah satu negara konsumen terbesarnya. Mengapa glassfilled, berylium, coating, dyed, dan bahkan sintetik, imitasi, juga kaca buatan pabrik  mereka bisa kita terima, namun treatment yang kita ciptakan tidak/belum di terima oleh mereka sepenuhnya?, coba tanyakan pada diri kita sendiri, bukankah kejujuran itu menepis kecurigaan?, kapan mereka (pembeli luar negeri) akan merasa aman ketika berbelanja kepada kita, jika kita masih setengah-setengah dalam kejujuran ketika menjajakan batumulianya.

“Kejujuran produsen pasti  menghadirkan konsumen berkualitas”

Terima kasih
Jesse Taslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: