r001-20160804_092242

Apa yang kita lihat dengan Handloupe

Apa yang kita lihat dengan Handloupe?

A.Menilai permukaan
Ketika mulai mempelajari permukaan dari sebuah Batumulia, maka hal ini bersangkutan dengan kualitas pemotongan atau pemolesannya.

Seperti yang kita lihat di permukaan, apakah mulus dan terlihat mengkilap?, ini adalah tanda sempurnanya sebuah pemotongan/pemolesan. Kita mungkin melihat adanya lubang kecil (pit) dan goresan. Jika hanya sedikit dan tidak terlihat dengan kasat mata, maka efek mengurangi kecemerlangan (Brilliant) juga tidak terlalu signifikan.

Andaikan mendapati banyaknya lubang-lubang kecil (berjumlah banyak) yang tidak terlihat dengan kasat mata di permukaan, maka hal ini ada efek terhadap kecemerlangannya. Awalnya efek ini tidak terlalu terlihat, tetapi ketika kita mensejajarkannya dengan batumulia lain yang memiliki permukaan yang mulus, maka efek kurangnya kecemerlangan, akan semakin terlihat.

Jika kita sulit memastikan sebuah tanda di batumulia itu berada di permukaan atau di dalamnya, maka rubahlah posisi batumulia sehingga cahaya memantul di permukaan. Ketika permukaan menjadi ‘kaca’, maka inklusi yang di dalam akan tidak terlihat lagi, sedangkan yang di permukaan akan terlihat jelas.

This slideshow requires JavaScript.

Selain inklusi yang berada di permukaan, hal lain yang harus kita perhatikan adalah kesempurnaan pemotongan/pemolesan itu sendiri. Dalam batumulia dengan pemotongan/pemolesan yang sempurna, maka akan memperlihatkan formasi yang baik dalam bentuk maupun ukuran yang sama dengan ujung siku-sikunya saling bertemu dengan tepat.

B. Girdle (‘pinggang’)
Untuk batumulia lainnya, memang jarang ditemukan girdle yang tidak terpoles. Sedangkan di berlian, para cutter memotong/memoles girdle dengan cara yang berbeda dengan batumulia lainnya dikarenakan kekerasan ekstrim yang dimilikinya. Di girdle ini, kita juga bisa menemukan nomor barcode berlian dan tentunya dengan sedikit latihan, kita bisa menentukan kualitas girdle di berlian, apakah poor? fair? good? very good? dan excelent?

This slideshow requires JavaScript.

C.Facet (potongan)
Untuk menilai sebuah kualitas pemotongan, maka yang dilihat adalah saling bertemunya ujung potongan, sudut tajam. Seluruh potongan harus berada di barisan yang sama dengan ukuran dan bentuk yang sama.

D.Culet (bagian paling akhir/bawah)
Lalu, balikkan batumulia anda secara terbalik dan lihatlah ke culet. Kadangkala Batumulia ditaruh bersamaan (lot) dalam sebuah bungkusan dan dapat mengakibatkan benturan maupun gesekan pada beberapa bagian, untuk Berlian biasanya terjadi di bagian paling bawah yang disebut dengan culet. Sekali lagi, jika tak terlihat tanpa perbesaran, ini tidak akan berdampak pada keindahan permata secara signifikan.

This slideshow requires JavaScript.

Sekarang kita dapat memahami pengaruhnya bagaimana kualitas sebuah pemotongan pada Batumulia. Sedikit ke-tidaksempurnaan masih bisa diterima, tapi pekerjaan pemotongan yang ceroboh sangat berpengaruh mengurangi keindahan.

This slideshow requires JavaScript.

Kesalahan kecil pada pemotongan yang tak terlihat dengan kasat mata, jika anda adalah seorang Gemologist pemula dan pelaku pasar pemula, menggunakan handloupe (10x) dapat membuat anda memberikan kesempatan pertama meng-apresiasi akan semua hal yang kita sebutkan diatas.

Terima kasih

Jesse Taslim

Advertisements

4 thoughts on “Apa yang kita lihat dengan Handloupe”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s