Skala kejernihan Batumulia

Sebenarnya, standarisasi gradasi kejernihan atau warna di batumulia (selain berlian) itu belum bersifat umum, tapi kita bisa mengikuti bagaimana cara mereka melakukan hal ini di berlian, walaupun kemungkinan terjadi perbedaan yang signifikan. Warna (color), clarity (kejernihan), cut (potongan), dan weight (berat) adalah faktor utama pada berlian, sedangkan di batumulia, warna merupakan faktor utama, penilaiannya bisa mencapai 60-70%, tentu tanpa melupakan faktor lainnya seperti tingkat kejernihan yang masih bisa di toleransikan pada batumulia, tapi tidak pada berlian.

Tingkat kejernihan juga merupakan suatu hal yang penting pada batumulia, tapi standarisasinya berbeda. Menerapkan standar gradasi kejernihan berlian pada batumulia adalah suatu kesalahan, dan dapat membuat kita banyak melewatkan batumulia yang bagus.

Standarisasi tingkat kejernihan pada batumulia itu tergantung tipe-tipenya. Sejak batumulia hadir dengan berbagai macam jenis, GIA (Gemological Institute of America) mengklasifikasikan batumulia dengan ‘type 1’, ‘type 2’, dan ‘type 3′.

Type 1-Batumulia pada tipe ini biasanya bebas dari inklusi. Kemungkinan pada kualitas terbaik dari tipe ini, kita hanya dapat menemukan inklusi kecil yang hanya terlihat dengan handloupe 10x. Jadi ketika menyeleksi batumulia pada tipe ini kita dapat mengharapkan hampir bersih dari inklusi di handloupe. Batumulia pada tipe ini adalah-Aquamarine, Morganite, Yellow Beryl, Chrysoberyl, Kunzite, Danburite, Smoky Quartz, Blue Topaz, Blue Zircon, White Zircon, and Tanzanite.

Type 2- Batumulia pada tipe ini bisa ditemukan inklusi tapi bisa terlihat bersih jika dengan kasat mata (eye clean). Batumulia pada tipe ini adalah- Apatite, Alexandrite, Corundum, Diopside, Fluorite, Garnet, Iolite, Peridot, Quartz (hampir keseluruhan variannya), Spinel, Tourmaline (hampir keseluruhan kecuali green, Rubellite, dan Watermelon) dan Natural Zircon (kecuali warna biru)

Type 3- Batumulia pada tipe ini selau ditemukan dengan inklusi yang signifikan, bahkan untuk kualitas yang tertingginya sekalipun. Batumulia pada tipe ini adalah-Emerald, Red Beryl, Idocrase, Kyanite, Prehnite, Sphalerite, Sphene, dan Tourmaline-Rubellite-Watermelon.

Beberapa dealer batumulia menggunakan istilah VVS dan VS untuk gradasi batumulianya. Dikarenakan ini adalah istilah yang bersangkutan dengan gradasi berlian, menurut kami hal ini tidak terlalu tepat dan juga dapat membingungkan pelanggan yang memang jarang dari mereka faham akan istilah-istilah ini. Cara yang terbaik adalah menggunakan cara  gradasi kejernihan sesuai fungsinya, dimana batumulia dinilai dengan-bisa terlihatnya inklusi dengan kasat mata atau dengan loupe (kaca pembesar) 10x. Kita bisa menggunakan istilah “loupe clean”, “almost loupe clean”, “eye clean’, very slightly included”, dan seterusnya.

Dan akhirnya, untuk Batumulia yang berbentuk cabochon di gradasi dengan terminologi yang berbeda, cara terbaik adalah dengan memberikan istilah-“transparent” (tembus cahaya) tidak terlihatnya inklusi, lalu “translucent” (tembus cahaya tapi tidak transparan) dan yang terakhir adalah “opaque” (tidak tembus cahaya sama sekali). Batumulia dengan tingkat kejernihan “translucent” contohnya seperti Chrysocolla in Chalcedony dan Chrysoprase dan “opaque” contohnya seperi Jasper, Shell, dan lainnya.

Faceted
IF-Loupe clean-Internally flawless; bebas dari inklusi.
VVS-Almost loupe clean-very, very slight inclusions; inklusi hampir tidak terlihat dengan pembesaran 10x.
VS-Eye clean-very slight inclusion; sedikit inklusi bisa terlihat dengan mata yang terlatih atau dengan pembesaran 10x.
SI-Slightly included-inklusi kecil dapat terlihat dengan kasat mata
I1-Included-inklusi terlihat dengan jelas

Cabochon
Tranparent-Tembus cahaya, bisa memiliki inklusi seperti rutile dan lainnya.
Translucent-Tembus cahaya tapi tidak transparan
Opaque-Tidak tembus cahaya sama sekali.

Terima kasih

Jesse Taslim

Advertisements

9 thoughts on “Skala kejernihan Batumulia”

  1. selamat malam pak boz jess, mungkin ada informasi untuk kita sejauh mana maksud dari tembus cahaya pada keterangan translucent dan transparant? apakah transparant dicirikan dengan terlihatnya obyek di balik batu sedangkan translucent tidak? apakah mungkin dari translucent bisa masuk kategori transparant bila mempunyai ketebalan tertentu? apakah ada ukuran ketebalan minimalnya? karena sepertinya kita pernah melihat hasil sebuah gem-id yg menunjukkan keterangan semi-transparant. terima kasih atas informasinya.

    1. Selamat pagi pak, memang ada yang menggunakan 5 level yaitu:transparant, semi-transparant, translucent, semi-translucent, dan opaque. Tapi kemungkinan jika kita menggunakan 5 level, justru akan menyulitkan sendiri, oleh sebab itu saya sarankan untuk menggunakan 3 saja, sehingga menyeleksi batumulianya tidak begitu sulit.

      Mungkin bahasa ringan untuk memastikan level translucent adalah adanya asap atau kabut tapi bisa juga fingerprint (seperti ada kapas) yang menutupi di hampir keseluruhan permukaan. Contohnya seperti Emerald (cabochon) yang bersih bisa dimasukkan di transparant dan jika memiliki banyak inklusi bisa dimasukkan ke level translucent dan di level opaque yang sama sekali tidak tembus cahaya.

      Dan, sesampainya di Jakarta, akan kami tambahkan foto-foto untuk artikel ini.

      Terima kasih

  2. Blog nya bagus…
    Saya heran di indonesia sangat banyak batu yang belum di ekspose dan masih misteri. Batuan metamorf seperti idocrase atau ziosite ternyata yang saya suka, selain chalcedony pacitan atau jasper chalcedony pancawarna pacitan…batunya keras dan indah saat dibentuk….ada satu yg saya tanyakan pak jestaslim…bisakah sebetulnya menghilangkan kapur idocrase dan ziosite / green sojol dengan proses seperti heat panas matahari atau fluida air / perendaman? krn menurut artikel batuan metamorf terbentuk oleh panas, tekanan atau fluida. Yg kedua saya pernah membeli pancawarna dari mbah timbul, dia bilang badar kalsedon seberat 2 kg. apakah kalsedon bisa jernih dan semakin kristal ? Krn warnanya merah biru ungu kuning dan tembus…tapi saya ingin semakin jernih inklusinya…trims

    1. Sebenarnya yang menemukan treatment untuk sebuah batumulia itu adalah pelaku pasar. Kami sebagai gemolog yang berkerja disebuah lab tentu lebih fokus ke propertis dan sebagainya. Saran kami, jangan tunggu methamorphosisnya, beli-lah yang sudah ‘jadi’ takutnya memakan waktu yang lama untuk berubah. Terima kasih

      1. Kalau menunggu berapa lama untuk idocrase ? Kebetulan pernah buka almari ortu yg ada batu lama, batunya menjadi kristal semua, ada yg retak juga yg tidak. Pernah sy cek juga batu marmer pacitan yg usianya lebih dari 20 thn, dan luar biasa kristalnya. Kapur hilang semua. Mohon pak jesse untuk batu idocrase diulas kalau bpk sempat. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s