Skala kejernihan Batumulia

4 thoughts on “Skala kejernihan Batumulia”

  1. selamat malam pak boz jess, mungkin ada informasi untuk kita sejauh mana maksud dari tembus cahaya pada keterangan translucent dan transparant? apakah transparant dicirikan dengan terlihatnya obyek di balik batu sedangkan translucent tidak? apakah mungkin dari translucent bisa masuk kategori transparant bila mempunyai ketebalan tertentu? apakah ada ukuran ketebalan minimalnya? karena sepertinya kita pernah melihat hasil sebuah gem-id yg menunjukkan keterangan semi-transparant. terima kasih atas informasinya.

    1. Selamat pagi pak, memang ada yang menggunakan 5 level yaitu:transparant, semi-transparant, translucent, semi-translucent, dan opaque. Tapi kemungkinan jika kita menggunakan 5 level, justru akan menyulitkan sendiri, oleh sebab itu saya sarankan untuk menggunakan 3 saja, sehingga menyeleksi batumulianya tidak begitu sulit.

      Mungkin bahasa ringan untuk memastikan level translucent adalah adanya asap atau kabut tapi bisa juga fingerprint (seperti ada kapas) yang menutupi di hampir keseluruhan permukaan. Contohnya seperti Emerald (cabochon) yang bersih bisa dimasukkan di transparant dan jika memiliki banyak inklusi bisa dimasukkan ke level translucent dan di level opaque yang sama sekali tidak tembus cahaya.

      Dan, sesampainya di Jakarta, akan kami tambahkan foto-foto untuk artikel ini.

      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s