artikel

Treatment Polymer di Turquoise

This slideshow requires JavaScript.

Turquoise memang biasanya lahir dengan ‘rapuh’ dalam bentuk ‘nugget’ dengan pori-pori yang besar dan dengan tingkat kilau (lustre) di permukaan yang rendah. Untuk meningkatkan kestabilan, kekuatan (toughness) dan tingkat kemilau (lustre), maka treatment polymer impregnation biasa dilakukan. Sekitar 95% Turquoise yang beredar di dunia sudah melalui treatment ini sehingga bersifat common (lumrah) dan memang dilakukan ketika masih dalam bentuk bahan (rough).

Dengan cara menenggelamkannya di cairan polymer (disertai penekanan) dapat membuat cairan masuk di pori-pori, juga di kisi-kisi dalam serta meliputi seluruh permukaan sehingga terjadi adanya lapisan di permukaan yang dapat menguatkan, menstabilkan, serta menghadirkan tingkat kemilau di permukaan yang lebih baik, lalu cairan yang menutupi pori-pori dapat menahan kotoran yang menempel maupun masuknya cairan-cairan lain yang dapat mempengaruhi batu mulia ini, contohnya keringat tubuh kita.

Mendeteksi adanya polymer di Turquoise tidaklah terlalu sulit. Tingkat kilau (lustre) yang berbeda dengan aslinya dapat dipisahkan jika kita sudah terbiasa mempelajarinya. Begitu juga dengan bagian ‘matrix’ yang sejajar dengan bagian permukaan batu, dan dengan adanya lapisan polymer di permukaan, tentu tingkat kekerasan (hardness) di permukaan akan tergantikan menjadi hardness polymer.

Terima kasih

Jesse Taslim

10 replies »

  1. Terima kasih Pak Jesse Taslim atas informasi yg sangat bermanfaat..salam kenal sebelumnya..
    Oya saya ada satu pertanyaan pak..apakah treatmen polymer impregnation ini sama dengan Stabilized pak?kalaupun beda,apa cara deteksi dg ciri2nya juga sama dgn yg polimer?terimakasih

  2. Sebelumnya sy ucapkan trm ksh atas informasi dr bapak yg sangat bermanfaat..
    Pak bs sy mnta contoh pict turquoise yg polimer dan non polimer shg bs kami jadikan reverensi, trm ksh

    • Salam pak Nugroho, Gemolog bisa mengartikan Turquontine adalah imitasi Turquoise, bisa dengan bahan lain dan biasanya dengan bahan dari Howlite yang ditreatment dyed. Membedakannya tentu di propertis. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s