artikel

Peralatan standar untuk Gemologi

Refractometer
Jika kita memperhatikan sebuah pensil yang direndam dalam gelas yang berisi air dengan posisi miring, maka tampak pensil tersebut seperti “patah” atau “berbelok” di dalam air. Bagian bawah tongkat tampak di sudut yang berbeda dari bagian atasnya, apa yang kita amati ini disebabkan oleh pembiasan cahaya. Hal ini selalu terjadi ketika sinar cahaya meninggalkan suatu media (misalnya: udara) dan masuk dengan posisi yang miring ke media lainnya (misalnya: batu permata). Jumlah pembiasan dalam kristal itu konstan untuk setiap batu mulianya. Hal ini dapat digunakan dalam mengidentifikasi sebuah jenis batu permata. Jumlah refraksi disebut indeks bias dan didefinisikan sebagai hubungan proporsional antara kecepatan cahaya di udara dan di dalam kristal dan alat yang digunakan untuk mengetahui indeks bias adalah Refactometer.

refractometerindeks

Microscope
Mikroskop sama seperti 10x handloupe, dua alat ini adalah sebuah kaca pembesar. 10x handloupe adalah kaca pembesar ‘bertenaga rendah’, sedangkan mikroskop adalah kaca pembesar ‘bertenaga tinggi’ yang memungkinkan Kita untuk melihat hal-hal yang tidak terlihat dengan pembesaran rendah dan untuk melihat lebih jelas apa yang diamati dengan pembesar itu. Mikroskop selalu menjadi instrumen penting untuk identifikasi sebuah permata. Tanda-tanda dari sintetik dan sebuah treatment dapat dipastikan dengan alat ini.

microscopegroup of lily pad in Peridot

Dichroscope
Ketika sinar cahaya memasuki sebuah batu permata, sinar akan melanjutkan perjalannya didalam dengan sinar tunggal (pembiasan tunggal/single refractive) atau dua sinar (pembiasan ganda/double refractive), hal ini bersangkutan dengan struktur kristalnya masing-masing. Batu dengan pembiasan tunggal adalah mereka yang akan selalu menunjukkan warna yang sama di kedua jendela persegi panjang dichroscope tersebut. Batu yang dengan pembiasan tunggal itu juga tidak terlalu beragam, mereka adalah Diamond, Garnet, Spinel, Glass, YAG (berwarna) dan Plastic. Sedangkan untuk batu permata dengan pembiasan ganda akan menunjukan perbedaan ‘tone’ warna yang berbeda atau dua warna yang jelas berbeda, kita sebut batu ini ‘dichroic’ (di:2 ; chroic:warna). Beberapa batu permata juga menunjukkan tiga warna yang berbeda, hal ini kita sebut dengan trichroic (tri:3 ; chroic:warna). Batu permata dengan trichroic juga termasuk pembiasan ganda, tetapi ketika cahaya masuk dari arah tertentu, kita mendapatkan sepasang sinar yang melakukan perjalanan dengan kecepatan yang berbeda lagi, sehingga akan terlihat warna yang berbeda ketika kita melihatnya dari sudut yang berbeda.

dichroscope290149943_tp

Ultraviolet lamp
Lampu Ultraviolet atau Lampu UV dapat menghasilkan sebuah cahaya khusus (sebenarnya radiasi) yang disebut sinar ultraviolet. Lampu ini digunakan untuk mengungkapkan ada tidaknya fluoresensi di sebuah batu permata. Fluoresensi mengacu kepada reaksi sebuah batu permata terhadap sinar Ultraviolet.

uvuv l

Spectroscope
Alat ini membagi sebuah sorotan cahaya menjadi warna spektral dan ‘menganalisanya’ saat cahaya melewati badan dari batu permata, ketika sebuah cahaya sedang melewati, satu atau lebih dari jumlah gelombang yang menghasilkan warna  diserap oleh batu permata tersebut. Warna spektral yang hadir di  alat ini adalah merah, oranye, yellow, hijau, biru, indigo, dan violet. Hal ini bukanlah sesuatu yang dapat kita lihat dengan kasat mata, andaikan kita melihat maka kita bisa menyaksikan cahaya yang memasuki  badan batu, didalam cahaya tersebut menjadi warna spektral dan warna warna tertentu menghilang, fenomena ini juga disebut sebagai penyerapan selektif. Spectroscope telah memungkinkan kita untuk melihat-“warna apa yang telah di serap”- dengan memproduksi garis hitam vertikal atau bar di warna spektral, hal ini disebut dengan “Penyerapan karakteristik spektrum”, pola warna terlihat dan penempatan bar hitam yang merupakan tanda spektrum dari batu permata tertentu.

OPL-Spectroscope2Diffraction_spectrum

Polariscope
Alat yang digunakan untuk melihat single atau double refractive sebuah batu permata, yang terdiri dari dua bundaran filter polarisasi, satu diatas yang lainnya, dengan sinar yang terpancar dari bawah dan dapat digunakan untuk melihat optic axis.

13328279206323046380_188

Chelsea Filter
Sebuah filter yang paling berguna untuk batu permata dari semua filter yang telah diciptakan sampai saat ini. Ketika pertama diciptakan sempat disebut dengan Emerald Filter dikarenakan digunakan untuk memisahkan Emerald dengan batuan lainnya yang memang serupa dengannya seperti Green Sapphire, Tourmaline, Peridot, dan Glass. Emerald akan terlihat pink atau merah di chelsea filter, sedangkan batuan lainnya tidak. Namun lambat laun berkembangnya ilmu pengetahuan, chelsea filter tidak boleh digunakan sendiri dalam mengidentifikasi sebuah batu permata, ditemukannya tambang baru Emerald yang tidak berwarna pink atau merah di chelsea, Chrome Tourmaline yang berwarna merah di chelsea, dan banyak contoh lainnya.

ChelseaFilter

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Timbangan berat jenis (Timbangan Air)
Sebuah berat jenis dari benda padat dapat ditentukan oleh alat ini, berat di udara dikurangi berat di dalam air, lalu berat diudara di bagi dari hasil pengurangan ini.

sg
Terima kasih
Jesse Taslim, G.G

 

15 replies »

  1. selamat sore pak.saya mau tanya,apa warna sintetis juga tahan terhadap panas tinggi?
    saya pernah bakar satu batu blue sapphire sintetis sampai warnanya memerah.saat dingin,warnanya kembali biru seperti semula

    • Selamat sore pak, sepertinya bisa tahan ya pak, karena ketika mereka melakukan treatment dengan borax untuk sintetik, tentu warnanya tidak terganggu setelah mendingin kembali, tapi entah jika dilakukannya dengan suhu yang lebih tinggi dan lebih lama lagi, mungkin saja bisa terganggu warna pada sintetik tersebut.Lalu juga perlu diketahui bahwa ada beberapa metode pembuatan sintetik yang bisa saja reaksinya berbeda-beda.

      Terima kasih

    • Slm pak sy mau tanya berapa harga utk satu set standard utk gems Lab sy dr malaysia tlg bg dlm ringgit malaysia makasih

  2. Siang pak Jesse
    Saya ada natural citrine, dimemonya pembacaan mikroskopik tertera ” liquid & two phase”. Kalo seperti itu maksudnya bagaimana ya?
    Mohon pencerahan. Many thanks

  3. Saya punya koleksi lama, batu Ruby..berat sekitar 46 cr. Ada yg bilang itu batu Natural Pigeon blood Corundum, ada yg bilang Ruby Garnet. Kalo saya Lab kan ke Bpk, dmn alamat pengiriman nya Pak ?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Selamat pagi pak,

      Jika melalui pengiriman maka wajib lepas dari ring dan anda bisa mengirimkannya ke alamat cabang kami yang terdekat dari lokasi anda.

      Alamat:
      1. GRI-Lab (Jakarta)
      Gem Research International Lab (GRI LAB)
      Jl Batu Ceper 4 No 6L Jakarta Pusat 10120
      Work : +62213510132
      Mobile Phone: +6282211586669BB PIN : 265E4918

      2. GRI-Lab (Surabaya)
      Ruko Landmark Kayun, Jl. Kayun no.38-40 Blok B3
      Surabaya 60271
      Work : +62315358561
      Mobile Phone: +6281333398674
      BB PIN : 74CB995A (Admin)

      3. GRILAB (Medan)
      Jl. Gatot Subroto, No. 98. Kel. Silalas, Kec. Medan Barat.
      Medan, Sumatra Utara 20114
      Phone: (061) 88814174
      Mobile Phone/Whatsapp: 082165468847

      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s