Chrysocolla In Chalcedony (7 +/- mohscale) adalah adanya unsur Chrysocolla di dalam Chalcedony, memiliki warna dari hijau, hijau kebiruan, biru kehijauan sampai biru. Batu Mulia ini juga dikenal dengan nama ‘Bacan’ di Indonesia, karena terdapatnya konsentrasi deposit di Pulau Bacan Kepulauan Maluku. ‘Gem Silica’ adalah nama lain yang dikenal oleh para Trader Internasional, tapi biasanya ‘Gem Silica’ dikhususkan untuk Chrysocolla in Chalcedony yang sudah mencapai tingkat kejernihan dan peleburan warna yang maksimal.
rse ID card copy rgrg
Daya tarik dari Batu Mulia ini adalah warnanya yang luar biasa, warna ‘intens’ dikarenakan adanya ‘copper salts’ yang menembus di kisi-kisi kristal Chalcedony yang colorless (tidak berwarna). Memang Chrysocolla (saja) adalah formasi kristal untuk tempat ‘bernaung’ copper salts, namun Batuan ini tidak memiliki kekerasan yang sama dengan Chalcedony. Chrysocolla (saja) hanya memiliki kekerasan di angka 2-4 mohscale, sehingga tidak layak dijadikan perhiasan.

Kebetulan Chalcedony merupakan salah satu batuan yang berpori-pori (Porous), sehingga unsur Chrysocolla maupun lainnya yang terdapat di dalam bisa ‘keluar’ sedikit demi sedikit. Sehingga pada akhirnya, Batu Mulia ini bisa memiliki tingkat kejernihan maupun warna yang maksimal. Hal ini-lah yang membuat Chrysocolla in Chalcedony disebut sebagai batu Mulia yang bisa bermethamorphosis.

Akhirnya, perubahan yang bisa terjadi di Batu Mulia ini membuat pelaku pasar untuk berfikir lebih untuk mencari cara yang lebih cepat. Banyak cara yang bisa kita baca di beberapa blog maupun website dan juga tidak sedikit yang berhasil menciptakan sebuah cairan untuk mempercepat keluarnya unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Namun sampai saat ini, selama cairan tersebut mampu membuat unsur lain keluar dan tidak mengendap di dalam, maka para ahli tentu tidak akan menemukan bukti adanya treatment. Kecuali jika cairan tersebut bersifat ‘mengendap’ sehingga terlihat seperti adanya konsentrasi warna yang masuk kedalam, kurang lebih seperti karakter di treatment Dyed (pencelupan).

Refrensi mengenai perawatan (treatment) untuk chrysocolla in Chalcedony yang datang dari luar negeri tidak begitu jelas, mungkin hal ini dikarenakan mereka lebih fokus kepada Korundum, emerald, Chrysoberyl dan lainnya atau mungkin mereka lebih menyukai perubahan yang terjadi secara alami untuk batu mulia ini.

Saran kami, ketika Anda melakukan pembelian dari dalam dan Luar Negeri, maka tanyakan terlebih dahulu akan kekerasan dan tentu jika sudah yang bersertifikat akan lebih baik lagi. Biasanya Chrysocolla (saja) yang memiliki kekerasan hanya di angka 2-4 di luar negeri disebut dengan ‘Multi colour Chrysocolla’ dan yang di dalam negeri disebut dengan ‘Bacan lembek’.

Jika kekerasannya di angka +/- 7 mohscale maka ini adalah Chrysocolla in Chalcedony atau yang diluar disebut juga dengan nama Gem Silica. Warna yang seperti ‘Paraiba’ dan kelangkaannya yang hanya terdapat di beberapa negara seperti di Amerika Serikat (Arizona dan New Mexico), Mexico, Peru, Filipina, Taiwan dan Indonesia adalah faktor yang membuat Chrysocolla In Chalcedony (Gem Silica) menjadi varieti teratas di keluarga Chalcedony.

sdfsg sdv GetAttachment.aspx
PROFIL:

Warna:
Blue, Greenish blue, bluish green, and green. Tingkat kejernihan dari Translucent ke semitranslucent.

Fenomena:
None

Karakter optik:
AGG

Index bias:
1.535 to 1.539 +/- (1.53 to 1.54 spot reading)

Birefringence:
Biasanya tidak terdeteksi/terbaca

Dispersion:
Not diagnostic

Pleochroism:
Not Diagnostic

Spektrum absorpsi:
Not Diagnostic

Sumber warna:
Cooper 

Berat jenis:
2.50 to 2.60 +/- (might be lower)

Tingkat kilau permukaan:
Dull or Waxy

Hardness:
6.5 – 7 Mohscale

Toughness:
Excellent

Identifikasi karakter dalam:
fDs A030 - 20140923_141027 copy A031 - 20140923_141052 copy A032 - 20140923_141117 copy A034 - 20140923_141231 copy A245 - 20150113_173456 copy A246 - 20150113_173522 copy A247 - 20150113_173547 copy A248 - 20150113_173601 copy A250 - 20150113_173729 copy A252 - 20150113_174017 copy A257 - 20150113_174821 copy A258 - 20150113_175103 copy A274 - 20150116_164643 copy A275 - 20150116_164650 copy A276 - 20150116_164723 copy A277 - 20150116_164736 copy A283 - 20150116_165112 copy

Terima Kasih.
Jesse Taslim

Advertisements

295 thoughts on “Chrysocolla in Chalcedony (Gem Silica)

  1. Pak,..
    apakah eilat stone mngandung mineral chrisocolla chaledony?? apakah eilat stone bisa bermetamorfosa seperti bacan???

    1. Sore pak,

      Eilat tidak mengandung Chalcedony, Eilat adalah Chrysocolla (saja), Malachite, dan beberapa mineral copper lainnya yang tergabung dalam satu batu.

      Terima kasih

  2. Terimakasih Pak Jesse Taslim Yang terhormat, Anda mau meluangkan waktu hanya untuk menjawab pertanyaan dari Saya.
    Karena jujur saja Saya tertarik sekali mempelajari Chrysocolla in Chalcedony maka saya ingin terus menggali informasi dari anda. Karena dari banyak artikel yg ku temui, mungkin ini yg paling berkualitas.

    ohh iya langsung saja. karena tak sengaja membaca percakapan diatas saya merasa penasaran mengenai batu Eilat yg belum pernah kudengar sebelumnya dan langsung saja saya googling ternyata yg muncul batu serupa dengan Chrysocolla in Chalcedony ( Bacan ) yg di jual oleh pedagang daerah saya. Yang kalau kata mereka adalah Batu Bacan rawatan alias belum kristal.

    Saya kembali ingin bertanya Pak, Apa benar batu Chrysocolla in Chalcedony ( Bacan ) itu bermetamorfosis dari batu yg boleh dikatakan mudah retak, tingkat kekerasannya yg sangat rendah dan akan terus berubah menjadi keras dan mengkristal?

    dan apapula beda Chrysocolla in Chalcedony ( Bacan ) dengan Eliat? Apakah eliat sama dengan Bacan yg masih rawatan ( belum mengkristal / masih rapuh )

    Terimakasih Pak sebelumnya.

    1. Selamat sore pak,

      Chrysocolla in Chalcedony, berarti ada unsur Chrysocolla di dalam Chalcedony. Tentu kekerasan batu ini akan mengikuti kekerasan Chalcedony yang berada pada angka 6.5-7. Jadi, kata-kata ‘masih rapuh’ tidak boleh disematkan untuk spesies ini, karena mulai dari awal dituai dalam bumi sudah harus memiliki kekerasan 6.5-7.

      Sedangkan Eilat adalah gabungan dari malachite, azurite, turquoise, pseudomalachite, dan chrysocolla. Eilat akan memiliki refractive index dan kekerasan yang berbeda.

      Chrysocolla in Chalcedony, Eilat Stone, bahkan Chrysocolla (saja) adalah spesies yang berbeda. Kemungkinan besar, Bongkahan yang dijual dekat daerah Bapak adalah Chrysocolla (saja), ini dilihat dari kemungkinan besar depositnya yang bisa terdapat di Indonesia.

      Terima kasih

  3. Yth pak jesse taslim,
    Mau tanya pak, saya mencoba untuk mengidentifikasikan sebuah batu. Saya pakai gemlab resmi GRI di jakarta, ternyata hasil lab keluar adalah Natural Chrysocolla ( tetapi tanpa embel embel chalcedony) pertanyaan saya, apakah itu termasuk dalam spesies gemsilica atau batu dari pulau bacan, mengingat batu yg saya dapatkan di gali bukan di pulau bacan dan sekitarnya, ini dari pulau jawa barat. Letaknya masih saya rahasiakan. Mohon penjelasannya pak. Terima kasih. Sukses selalu Pak.

    1. Yth Pak Ardan,

      Jika tanpa Chalcedony di belakangnya, berarti bukan spesies Chalcedony pak, melainkan Chrysocolla saja. Memang Chrysocolla bisa tumbuh bersamaan dengan Quartz, sehingga dapat membuat kita menilai bahwa spesies yang berada di tangan kita adalah Chrysocolla in Chalcedony.

      Terima kasih

      1. Yth Pak jesse taslim,
        Baik Pak, lalu jika sdh teridentifikasi natural chrysocolla tanpa embel embel chalcedony, apakah batuan tersebut akan mengalami metamorfosis sama seperti chrysocolla in chalcedony juga tidak Pak? Melihat penampakannya mirip dengan jenis bacan gulao berwarna deep green begitu pak.
        Lalu apa bedanya chalcedony dan quartz kalau boleh dijelaskan Pak?
        Mohon pencerahan Pak, terima kasih seblumnya, dan terima kasih atas balasan jawaban yg awal.
        Sukses selalu buat anda.

      2. Yth Pak Ardan,

        1. Chrysocolla (saja) tidak akan bermetamorfosis, kecuali jika Chrysocollanya terkikis ketika digunakan atau terpancing oleh sebuah treatment sehingga keluar dari sisi-sisinya. Jika hal ini terjadi, tentu akan ada perbedaan dari sebelumnya.

        2.Chalcedony adalah kryptokristal, sedangkan Quartz adalah kristal. Kristal-kristal kecil (yang tak terlihat dengan mikroskop) dari Quartz lah yang menjadi Chalcedony, sehingga bersifat berpori-pori (pourous).

        Terima kasih

  4. Dear Pak Jesse Taslim,

    Mohon ijin bertanya Pak, pertanyaan saya mirip dengan pertanyaan Pak Ardan, saya mempunyai batu mineral dari peru yg terindikasi sebagai Chrysocolla (saja) tanpa ada Chalsedony nya, dan kekerasannya pun hanya 2 mohs, apakah batu yg hanya Chrysocolla (saja) ini dapat bermetamorfosis atau berubah warna?
    Mohon pencerahannya Pak…
    Terima Kasih sebelumnya.

    Regards

  5. salam hangat pak, saya ingin bertanya perihal “Basumi” alias Bacan dari Sukabumi (walaupun sebenarnya tidak ada daerah bacan di jawa barat), dari info yang saya dapat dari teman saya, hasil tes lab ….. untuk batuan tersebut adalah chrysocolla in chalcedony, yang ingin saya tanyakan apakah GRI Lab pernah meneliti atau memeriksa batuan tersebut, apakah hasilnya sama dengan lab …. tersebut, atas jawabannya saya sampaikan terima kasih

    1. Salam hangat pak, masalahnya, hal hal yang bersangkutan dengan deposit (tambang) itu sifatnya cukup tertutup, refrensi akan adanya spesies ini di daerah yang anda sebutkan itu masih belum pasti, walaupun memang ada beberapa pelanggan kami yang mengatakan bahwa spesies yang dibawa berasal dari daerah tertentu, tentu kami tidak boleh langsung mengiyakan. Setidaknya kami harus survei terlebih dahulu, itupun jika memang bisa dipastikan.

      Terima kasih

      1. Dear Pak Jesse Taslim ..
        Terima kasih sebelumnya saya mencari cari info tentang Batu asli Garut yang dimana saya bentuk dari bahan yang Cristal (Chikolak).. setelah saya Lab keluarnya Chrysocola in Chalsedony .. Mohon info lanjut.y pak

      2. Dear pak Oca, Kami menggunakan advance equipment seperti uv-vis untuk menganalisa spektrum pada chalcedony. Memang, sejauh ini yang diakui sebagai “garut hijau” selalu menampilkan spektrum yang sama dengan chrysocolla chalcedony, walaupun memiliki karakter yang berbeda dengan yang datang dari Pulau Bacan, bahkan yang datang dari negara Peru. Terima kasih

  6. malam pak..apakah batu garut itu chrisoprase chalsedon apa crome chalsedon yg benar yg mana,apa sama2 batu garut…?

  7. Malam pak taslim chrisoprase chalsedon dan crome chalsedon apa nama yg sama untuk batu..apa dua jenis yg berbeda…nama gemologis untuk batu garut yg benar apa pak…? Terima kasih.

    1. Ini dua varian yang berbeda dari 1 spesies yaitu Chalcedony. Chrysoprase adalah varian dari Chalcedony yang berwarna yellowish-green dan Chrome adalah varian dari Chalcedony yang warna hijunya dihasilkan oleh chromium. Dan mulai tanggal 18 Agustus kami hanya memberikan trade name as Garut untuk Green dan Chrysoprase Chalcedony.

      Terima kasih

  8. Pak skrg banyak chrome calcedony beredar d pasaran yg origin nya dari afrika.. sebagai awam hal paling mendasar untuk membedakan dengan yg origin garut apa ya pak? Lalu chrome yg opaque itu masuknya origin kemana ya rata2?

    Trims

    1. Untuk spesies Chalcedony hanya Chrysocolla in Chalcedony yang kami berikan origin pak, sedangkan untuk Chrome hanya kami berikan trade name. untuk menentukan origin dari Chrome memang mustahil, Terima kasih.

      1. Pak Jesse yth
        Jadi memang tidak ada perbedaan mendasar ya pak untuk jenis chrome yg berasal dri afrika maupun garut?
        Trims pak

  9. selamat malam pak, saya prnah liat memo chrysocolla in opal. jka tdk kbrtan tlong jlaskan soal chrysocolla in opal itu pak, apakah bsa bermetamorfosis jga sperti chrysocolla in chalcedony. terima kasih.

  10. Salam sejahter mr taslim,sy dpt sertifikasi lab di bdg mengenai batu bacan sy dgn nama gemologist nya chrisocolla in quarst.msh dalam bentuk rough.kalau di bentuk dan di gosok apakah bisa bermetamorfosis tdk seperti chrisocolla in chalcedony.trims infonya

    1. Salam sejahtera Mr Benny, Jika memang benar yang dimaksud adalah adanya Chrysocolla yang bersamaan dengan Quartz bukan Chrysocolla yang berada di dalam Chalcedony maka biasanya (tergantung roughnya) nanti setelah dipoles akan ada 2 hardness di permukaan dan Quartz adalah Crystalline (kristal padat) sehingga unsur lain tidak akan ‘masuk’ atau ‘meresap’ ke kristal Quartz. Tidak akan ada perubahan kecuali ‘terkikis’.

      Terima kasih

  11. maaf ma tanya pak….
    1.apa penyebab warna hitam pada bacan gulau,red borneo dan black jade…. apa nama mineralnya?
    2. pengaruh asam ato basa pada jenis batuan spt chalsedoni dan idocraase serta jade (black jade (kondisi mana yg menyebabkan kerusakan pd batu….)
    3.apakah air sulingan/air murni bener mampu entuk bereaksi dan menarik keluar beberapa ato semua mineral pd jenis batuan tersebut diatas?bereaksi pd mineral apa saja?
    trima kasih dan mhn pencerahannya

    1. Siang pak,

      Yang dimaksud dengan porous adalah batuan yang berpori-pori pak, cryptocristaline. Kristal-kristal yang sangat kecil sekali bergabung menjadi satu kristal yang besar.

      Terima kasih

  12. Slmt malam pak Jesse
    Permisi numpang tanya
    Itu kalo jenis batu Eliat apakah sudah pasti batu itu berasal dari negara Israel?
    Begitu saja pak pertanyaan saya.
    Trims

  13. Malam pak,apakah ada kemungkinan di tambang chrysocolla,bisa mendapatkan chrisocolla in chalcedony?apakah dikedalaman tertentu?
    Terimakasih

  14. Super sekali penjelasannya… Kenapa dari satu jenis batu bisa menghasilkan perbedaan pandangan dari Lab yang berbeda. Mohon pencerahannya pak. Trims

    1. Ada 3000 sampai 4000 jenis mineral yang sudah ditemukan di dalam bumi dan ada sekitar 300 mineral yang masuk di wilayah gemologi, lalu ada sekitar puluhan cara treatment, bahkan dua jenis treatment di dalam 1 batu mulia pun bisa dilakukan, serta ada beberapa metode pembuatan sintetik, imitasi dan penggabungan antara 2 sampai 3 batu yang berbeda, yang biasa kita kenal dengan doublet dan triplet, bahkan gabungan dari potongan-potongan kecil yang biasa disebut dengan composite, yaitu gabungan dari 1 bahkan beberapa spesies yang berbeda.

      Terima kasih

  15. selamat sore pak Taslim ,
    senang bisa bergabung disini , saya ada pertanyaan dan agak penasaran kiranya pak Taslim bisa beri pencerahan ,
    saya beli batu bacan gulau , menurut teman2 di pasar rawa bening ini memang bacan gulau .
    kemudian saya lab di DGL hasil nya natural chalcedony(chalcedony) , comment no treatment origin indonesia , known as ” Garut “in the trade indonesian lokal market .
    pertanyaan saya apakah bacan gulau komposisinya mirip garut ? memang kasat mata bacan gulau beda dengan bacan doko .istilah kita memang daging nya beda,..
    atau memang saya ketipu? ini penasaran nya ..

    Terima kasih

    1. Bacan Gulau memang cukup berbeda dengan lainnya, ada unsur yang tidak memperlihatkan warna kebiruan di karakternya, sehingga bisa saja sebuah lab memiliki penilaian yang lain. Kebetulan kami tidak melihat batunya, sehingga kami tidak bisa berkomentar lebih banyak, terima kasih.

  16. Selamat sore pak Taslim,
    Terima kasih atas jawaban nya , saya mengerti kalau tidak lihat batu nya memang agak susah memberi penilaian .
    pertanyaan saya selanjut nya ,
    Apakah bacan gulau dan bacan doko terbentuk dari meterial yang sama ? atau dengan kata lain kandungan mineral nya sama ? kasat mata memang terlihat beda ,..
    terima kasih..

    1. Selamat pagi pak, memang karakter Chrysocolla in Chalcedony disetiap konsentrasi depositnya cukup berbeda-beda, Arizona, Peru, bahkan deposit dalam negeri pun berbeda-beda dan mengenai kandungan mineral, sampai saat ini masih belum dilakukan pemisahan dikarenakan spesies ini (Chalcedony) cukup tersebar di muka bumi sehingga bisa banyak mineral yang dikandungnya, sejauh ini jika karakter Chrysocolla terdeteksi maka akan disebut Chrysocolla in Chalcedony. Tapi terima kasih atas masukannya, kemungkinan, secepatnya akan kami analisa lebih lanjut akan hal ini.

      Terima kasih dan salam sukses.

  17. Malam pak Taslim, saya ingin bertanya saya punya batu yg saya beli dengan info batu tsb adalah garut
    ( chrysoprase)…dan setelah saya lab 4x, 2 lab menyatakan tidak dyed sedangkan 2 lab lagi menyatakan dyed…menurut 2 dari lab yg saya pakai( flamboyan dan galaxy)…saya bicara dengan gemolognya dan menurut nya tidak terlihat ada tanda atau sisa suntikan warna( melalui alat). Sedangkan menurut GRI dan DGL batu tsb dyed….apakah alat yg dipakai oleh ke 4 lab tsb sama? Knp bisa keluar hasil yg berbeda? Moon bantuannya pak….

    Thanks

    1. Selamat pagi pak,

      Bisa saja terjadi perbedaan jawaban antara lab satu dengan lainnya, mengenai bagaimana lab lain menganalisa, tentu saya tidak begitu mengetahuinya. Mengenai treatment dyed pada Chalcedony harus menggunakan alat yang bernama chelsea filter, reaksinya akan berwarna pink atau kemerahan dan karakter dalam adalah adanya alur banding yang biasanya terlihat dengan kasat mata. Tapi hati hati, Chrome Chalcedony juga reaksi di chelsea filter, tapi karakter dalam antara Chalcedony Dyed dan Chrome memang bisa dipisahkan.

      Terima kasih

  18. Selamat Siang pak Taslim,
    terima kasih atas jawaban nya , di tunggu analisa lebih lanjut perbedaan bacan Doko dan Gulau ,
    sepengetahuan saya bacan Doko dan Gulau bila dikontes digabung jadi satu ,. bila ternyata beda varian seyogianya di pisah ..
    Terima kasih,

  19. mohon pencerahan perbedaan karakter antara serpentin dan bacan gulao,
    # saya ada bw bongkah dr p. kasiruta , sy pikir Gulao , ternyata hasil lab, GRI serpentine ( at last sy agak Galao)

  20. Halo pak Jesse taslim,

    Saya mau tanya apakah Chrysoprase chalcedony bisa dikeluarkan originnya atau cuma Trade name saja ? Apa alasannya sehingga tidak bisa ada origin , apakah tidak ada sample batu-batu chrysoprase?. Terima kasih

    1. Halo Pak Yance,

      Untuk Chrysoprase memang karakter antara originnya tidak bisa dipisahkan, Chrysoprase dari Australia maupun negara lainnya, karakternya akan sama dan reaksi di equipmentnya juga demikian, sehingga untuk memastikan originnya adalah hal yang mustahil. Korundum, Emerald, dan beberapa jenis lainnya bisa dipastikan originnya dikarenakan karakter maupun reaksi di equipmentnya berbeda.

      Dan untuk Spesies yang memiliki kesamaan karakter, sepertinya tidak diperlukan banyak sample, sedangkan spesies-spesies yang kita berikan origin, kami memiliki cukup lengkap samplenya.

      Terima kasih

      1. Terima kasih untuk jawabannya,

        Saya ada pertanyaan yang menarik nih, saya beli batu chrysoprase dilengkapi dengan memo dari lab di jakarta timur. Disana tertera keadaan batu dan warna semuanya natural, kemudian saya tanya penjualnya apakah bersedia saya Lab ulang batunya karna takutnya Dyed. lalu si penjual berkata “Lab dimana dulu ??” , Lalu saya jawab , ada Lab langganan, memangnya kenapa?, lalu dia jawab : soalnya tiap Lab hasilnya beda” , yang menarik saat dia bilang kalau batu itu di cek di Lab GRI dijamin pasti DYED keluarnya, kecuali dicek di Lab yang (saya lihat biaya ceknya 2x dari GRI) lain. Lalu dia sebutkan alasannya panjang lebar. Pertanyaan saya apakah untuk menentukan batu itu DYED agak susah? Apa indikator yang digunakan, karena pernah dari satu bahan yang sama dibuat kemudian di pecah lalu dicek semua ternyata dari 7 report, 3 diantaranya Dyed. Semoga pak jesse bisa menjawab teka-teki soal dyed ini. Terima kasih

  21. pak kalau chrysoprase chalcedony NTE apakah bisa dibilang batu garut ohen / bungbulang ?? sy coba tes di 2 lab di Season city 2 testernya kompak mengatakan yg diakui garut itu Chrome Chaledony dan batu saya dibilang bukan merupakan batu garut pdhl origin nya tertulis Indonesia.. untuk kontes batu kategori green chalcedony apakah chrysoprase chacedony NTE origin Indonesia diakui ? thanks salam sukses selalu GRI

    1. Selamat siang pak,

      Untuk Chrome, Green, dan Chrysoprase Chalcedony tidak bisa di tentukan originnya, dikarenakan karakter satu sama lainnya tidak bisa dipisahkan. Kami tidak memberikan origin untuk batuan yang disebut diatas, kecuali Chrysocolla in Chalcedony yang bisa di pisahkan karakter antar negaranya, itupun jika pasti, jika tidak, maka kami tidak berikan originnnya.

      Terima kasih dan sukses untuk anda dan keluarga.

      1. Thx pak jesse untuk jawabannya, tapi saya masih agak bingung dengan chrysoprase ini, jadi ada yang serat genggang, serat seperti awan dan serat seperti kayu/akar, jdi banyak pendapat kalao chrysoprase itu tidak ad serat genggangnya. Tapi kalao saya pikir” jenis chalcedony ada yg serat genggang juga contohnya batu dari sumatera, dan batu pancawarna juga ada serat genggangnya, tapi knapa untuk chrysoprase ini dikatakan tidak boleh ada serat genggang (sulaiman),?. Trims

  22. Satu lagi pak, untuk masalah Dyed chalcedony. Apakah mutlak dinyatakan dyed untuk chrysoprase apabila pada pemeriksaan dengan chelsea filter warna berubah tidak hijau? Bagaimana dengan chrysoprase yang berwarna yellowish green / agak unsur kuningnya ?. Trims pak

    1. Yang reaksi berwarna merah di chelsea adalah dyed chalcedony atau chrome chalcedony, tinggal gemologistnya yang harus cekatan memisahkan antara keduanya, tentu dengan inklusi chrome yang biasanya memang bisa terlihat di mikroskop dan inklusi dyed chalceony yang biasanya konsentrasi warnanya mengikuti ‘struktur kristal’ di dalam.

      Mengenai Chrysoprase tentu tidak reaksi dengan chelsea, kecuali jika chalcedony yang di dyed agar seperti chrysoprase, untuk yang di dyed agar menyerupai chrysoprase, ada yang reaksi dan ada yang tidak, kemungkinan ada perbedaan unsur yang digunakan untuk warna ini, jika tidak reaksi maka kita akan berikan komen none-treatment not detectable dengan identifikasi chalcedony only.

      Terima kasih

      1. Thx pak jesse,

        Berarti jikalau non-treatment dan no detectable sebagai chrysoprase hanya dianggap chalcedony berwarna hijau saja ya, satu lagi pertanyaan sy yg blum dijawab tadi apakah chrysoprase memang tidak bergenggang /serat bergaris, meskipun secara umum jenis chalcedony ad yg serat genggang juga, bagaimana penelitian bapak selama ini? Trims

      2. Ada 2 jenis yang terlihat seperti chrysoprase di market, yaitu:

        1.chrysoprase in chalcedony, inklusinya berserat seperti ada ‘kapas’ dan jarang yang ‘genggang’, maaf saya mengartikan genggang seperti gelombang botroydal yang biasa terdapat di dalam chalcedony.

        2.chalcedony yang di dyed agar berwarna seperti chrysoprase, warnanya yellowish green atau sebaliknya, biasanya inklusi yang terdapat adalah ‘genggang'(warna tua dan warna muda akan terlihat disini karena ada konsentrasi dyed), heat wave (seperti minyak, atau inklusi di hessonite), dan tidak ada inklusi sama sekali (biasanya meninggalkan heatwave saja, dan yang bersih seperti ini bisa dikatakan jarang).

        Terima kasih

      3. Jadi begini pak jesse, saya masih kepikiran mengenai dyed ini soalnya saya punya 2 memo lab dari batu yang sama tapi hasilnya, yg pertama dinyatakan No Treatment, yg kedua dinyatakan DYED. Kebetulan yg menyatakan DYED dri Lab GRI makanya saya nanya terus ke bapak ciri” batu kena DYED. Dari pemaparan bapak sebelumnya soal Chrysoprase dan Dyed, saya akui memang batu saya tidak masuk jenis Chrysoprase yg ada dipasaran melainkan terdeteksi sebagai Chalcedony saja , tapi untuk Dyed saya masih ragu karena batu saya tidak ada ciri” dyed seperti inklusi warna hijau tua dan hijau muda yang terdeteksi menurut pengamatan saya , dan saya ada banyak sample batu yg benar” dyed dengan ciri sesuai dengan yang bapak jelaskan. Jadi saya bingung yg mana yg benar antara 2 Memo Lab ini. Trims

      4. Oh begitu pak, kenapa tidak bilang dari kemarin? :), kebetulan sekarang saya sedang di GRI-lab JGC Rawabening, mau diperiksakan ulang batunya?, saya tunggu kedatangannya pak. Terima kasih

      5. Trims atas undangannya, saya baru terima emailnya jam 5. Jam 2 sebelumnya sy dari rawabening. Mungkin weekday saya kesana. Jadi karena sy gk punya chelsea filter nanti saya tanya pak jesse aja seperti apa hasil uji di chelsea filter. Trims

      6. Akhirnya saya beli chelsea filter aja pak, :D. Udah saya cek chrysoprasenya memang dyed dengan tampilan warna pinkish. Tapi apakah harus dengan bantuan senter warna kuning ya baru bekerja chelsea filternya? Saya dikasih tau sama yang jual. Trims

      7. Wah hebat pak, tapi hati hati ketika memisahkan dengan Chrome ya pak, reaksinya bisa terlihat sama. Lampu kuningnya pun jangan terlalu kuat, nanti bias terlihatnya.

        Terima kasih

      1. Halo pk jesse
        Karna chrysoprase chal & green chal unsur hijaunya adalah unsur nikel, saya simpulkan tdk ada deposit chrysoprase d pulau jawa, gmna mnurut bpk ?
        Makasih

  23. Pak Jesse, saya punya batu hijau sudah di-identifikasi sebagai serpentine. Ciri-ciri batu saya itu ada bintik-bintik silver seperti serbuk metalik. Pertanyaan saya batu serpentine saya termasuk serprntine jenis apa ya? Bastite atau verde-antique. Dan apakah benar varian seperti ini tidak ada di indonesia?. Terima kasih

    1. Selamat siang pak, Untuk Serpentine mengenai asal muasalnya masih belum bisa dipastikan ada atau tidaknya di dalam negeri. Mengenai ciri-ciri Verd Antique lebih seperti ‘akar’ atau ‘serabut’ kemungkinan besar ciri-ciri tersebut adalah Bastite, namun kami untuk Serpentine memang tidak memisahkan dikarenakan cukup banyak ragamnya dengan tingkat kekerasan yang berbeda. Terima kasih

  24. Selamat malam pak jesse
    Sy mau tanya apakah dalam satu bongkahan batu bisa trdiri dari 2 jenis batu yang berbeda?? Soalnya kemaren sy tes hasil olahan batu dari bongkahan batu yg sama d avianoor yang satu terdeteksi natural chrisocolla in chaledony dan satu lagi species chrisocolla natural eilat stone

    1. Selamat pagi pak,
      Perbedaan spesies maupun varian dari sebuah bongkahan bisa terjadi, kebetulan spesies yang anda sebutkan diatas, variannya memang saling bersangkutan.
      Terima kasih

      1. Malam Pak Jesse, saya mau menanyakan mengenai hasil lab dari BIG Lab khususnya Bacan Arizona (Ha) itu berarti juga chrome chalcedony ya? Pantesan saja teman saya beli di rawabening batu bacan KW made in China seharga 30rb dan setelah dites di BiG LAB keluar hasil Bacan Arizona. Ini suatu kesalahan fatal dari BIG lab. AGL juga sama pernah mengeluarkan sertifikat Chrysocolla Chalcedony NTE untuk batu sintetis yg saya beli di rawabening seharga 5 ribu rupiah(ada cekungannya di bawah batu). Lab2 besar bisa salah juga ya. Apakah GRI pernah salah diagnosa batu juga? Thanks

      2. Malam pak,

        Seluruh lab di dunia pernah melakukan kesalahan. Yang terpenting bukan melakukan kesalahan atau sebaliknya, tapi yang terpenting adalah seberapa sering sebuah lab melakukan kesalahan dalam menganalisa. Dunia batumulia adalah dunia yang dinamis, bukan statis. Adanya deposit, treatment, dan lain lain yang sifatnya baru dalam dunia ini, bisa membuat sebuah lab terkesan seperti melakukan kesalahan, boleh saja dianggap demikian, tapi seberapa cepat lab tersebut menyadari akan adanya sebuah deposit bahkan treatment baru tersebut, harus juga diperhatikan. Semakin cepat maka semakin patut di acungi jempol.

        Selain itu yang perlu kita sadari juga adalah bagaimana kita mengetahui atau menilai sebuah lab, apakah anda yakin bahwa seluruh lab di Indonesia memang diisi oleh gemologist asli?, apakah anda pernah mencari tahu?, takutnya, anda terlalu sibuk berputar-putar di dalam hal yang dinamis. Bukankah ketika kita ke dokter, tentu tidak mau di periksa bahkan diberi resep oleh suster?, dan yang lebih takutnya, ketika si suster tersebut lebih update karena mempunyai skill menyontek yang baik, kita akan menjadikannya seorang dewa. Bukankah, gemologist asli saja bisa salah, apalagi susternya.

        Terima kasih

  25. Halo pak jesse,

    Saya mau tanya kalao Green chalcedony warna Light-Green (hijau Lime) kalao pakai Chelsea Filter apakah harus tetap hijau juga ? Lalu kalao yang di-Dyed warnanya berubah jadi apa di Chelsea Filter ?. Saya sudah cek dengan Chelsea Filter hasilnya tetap hijau juga, tapi biar lebih pasti besok saya masukan ke GRI tempat bapak. Trims

  26. Pak..apakah setiap chrysocolla in chalcedony bisa menggerakkan layar touchscreen hp? Kl iya, kandungan apa yang bisa mengakibatkan hal tersebut.. beberapa waktu sy bawa batu asal purbalingga ke acc gemslab, dan hasilnya keluar chrysocolla in chalcedony, tp tidak bisa menggerakkan layar touchscreen hp.. rencananya sy mau bawa ke gri di jgc, untuk diperiksa ulang..

  27. Halo pak jesse,

    Seperti biasa ada yang menawarkan kepada saya batu hijau, katanya dari garut..hehehe. Setelah saya identifikasi dengan senter batu saya tidak melihat adanya ciri khas chalcedony seperti botroyidal , hanya ada terlihat sisa serat coklat didalam batu yang kurang jelas namun saya berasumsi model seratnya seperti akar. Melalui chelsea filter terlihat reaksi warna merah seperti reaksi dari chrome chalcedony, namun lagi-lagi ciri chrome tidak saya lihat dibatu ini. Karena itu saya mohon bantuannya nanti saya masukan ke GRI ya, coba diteliti apakah masuk jenis lain. Terima kasih

  28. Saya ada kecurigaan ke arah serpentine (bowenite) yang di Treatment agar serat lebih halus dan dalam batu lebih kristal karna hal demikian bereaksi merah juga di chelsea filter.

  29. Halo pak jesse,

    Dengan hasil Lab untuk batu saya yang terakhir di Lab berarti bisa ditambahkan lagi bahwa dyed chalcedony bisa juga nampak merah di chelsea filtee seperti chrome, namun perbedaannya di unsur penyebab warna hijaunya saja. Dari hal tersebut bahwa metodologi dyed chalcedony smakin canggih saja. Saya mungkin bisa menarik suatu kesimpulan pribadi bahwa tidak ada batu Jenis Green Chalcedony yang berdiri sendiri , mungkin saya lebih condong jenis chrysoprase chalcedony yang bisa dinamakan green chalcedony karena ada unsur nickel juga , hanya penentuan warna antara Green atau yellowish-green tergantung mata. Chrysocolla/Bacan mungkin juga bisa sebagai green chalcedony asal diambil bagian yang bersih sekali dan hijau. Jikalau ada green chalcedony yang berdiri sendiri tanpa diikuti mineral pendukung lain, saya rasa itu hanya dyed green chalcedony saja. Jadi untuk mendapat green chalcedony yang natural itu mungkin diambil sebagian dari sebongkahan batu jenis tertentu misalnya dari bacan, chrysoprase atau dari Hijau pancawarna yang kita potong dan gosok sendiri 😀

    1. Halo pak Yance,

      Dyed Chalcedony memang reaksi kemerahan di chelsea. Mengenai Green Chalcedony, memang GIA memisahkannya hanya dengan perbedaan warna saja seperti yang anda sebutkan. Mengenai chrysocolla nanti tinggal di analisa dengan uv-vis, spektrum antara green dan chrysocolla chalcedony memang berbeda dikarenakan unsur di dalam juga berbeda. Mengenai potongan berwarna hijau dari pancawarna, kemungkinan masih masuk logikanya. Saya harapkan, jika anda melakukannya, merupakan kehormatan bagi saya untuk menjadi seorang yang pertama memeriksakannya. 🙂

      Terima kasih

  30. Yth Pak Jesse,
    Selamat sore. Di pasaran konon beredar serpihan² chrysocolla in chalcedony yg di-composed menjadi bongkahan dan diperjual belikan dg trade name Bacan (dg berbagai jenis nama). Apakah GRI pernah memeriksa fenomena semacam ini, dan apa hasilnya? Terimakasih.

    1. yth pak cakmoki,

      selamat malam pak,

      sepertinya belum jika composite chrysocolla in chalcedony, jika composite chalcedony memang ada pak. dan anda menyebutkan (dengan berbagai jenis nama), namanya apa saja pak, agar saya bisa periksakan di pasar besok.

      Terima kasih

      1. Selamat malam Pak Jesse. Terima aksih atas replynya. Trade name Bacan (dg berbagai jenis nama), maksud saya Bacan Doko Gulau, Doko Majiko, Palamea Kawasi. Begitu info yang pernah saya dapatkan.
        Selain itu, 2 hari yg lalu saya baca sebuah iklan online yg menampilkan kerikil Bacan “terbungkus” acrylic sebagaimana diskripsi dari seller. Apakah yg seperti ini pihak GRI pernah memeriksa? Jika tidak melanggar etika tata niaga online, nanti akan saya cari lagi link-nya Pak 🙂

      2. Selamat pagi pak, jika memang terbungkus oleh sesuatu, nanti di mikroskop akan terlihat dan tentu kekerasannya juga akan berbeda, mengenai yang terbungkus itu composite atau hanya untuk melapiskan permukaan saja (untuk mengkilapkan) nanti juga akan kami berikan keterangan di comment. Jika diperkenankan, linknya boleh pak.

        Terima kasih

      3. Selamat pagi pak, sepertinya hanya satu lapak ya pak, kemungkinan saya akan berusaha untuk mendapatkannya, setelah saya analisa akan saya beritahu ke bapak. Jika saya baca dari keterangan si penjual, beliau cukup jujur menjelaskan barang dagangannya. Tinggal nanti kami lihat apakah ada mineral lain atau tidak, jika ada maka lebih pantas disebut dengan ‘composite stone’.

        Terima kasih

      4. Selamat siang Pak Jesse.
        Benar, saya hanya menemukan satu lapak dan diskripsi yg disampaikan penjual jujur sebaimana yg Pak Jesse katakan. Tergelitik dg tulisan penjual bahwa ada jaminan hasil Lab akan Chrycolla in Chalcidony, saya sempatkan berkomunikasi dengan penjual via inbox, Namun sayang sekali penjual tidak melanjutkan komunikasi PM. Saya tunggu hasilnya Pak. terimakasih atas kebaikan dan perhatian Pak Jesse. BGU

  31. Halo pak jesse,

    Saya mau tanya Phrase Opal itu apakah maksudnya chrysoprase in Opal ? Apakah bisa berubah menjadi chrysoprase chalcedony kalau kekerasannya berangsur-angsur naik selama metamorfosis ?. Trims

    1. Halo pak Yance,

      Phrase Opal adalah varian dari Opal yang berwarna deep green dan tidak mungkin berubah menjadi Chalcedony dikarenakan memang spesies yang berbeda. Metamorfosis tidak bersangkutan dengan propertis sebuah batumulia. Terima kasih

      1. Berarti kalao chrysocolla in opal tidak bisa jadi chrysocolla chalcedony ya pak jesse ? padahal hanya berbeda kekerasannya. Thanks

      2. Bukan hanya berbeda kekerasan saja antara opal dan chalcedony, tapi keseluruhan propertisnya berbeda. Mungkin yang dimaksud adalah Opal yang memiliki warna seperti Chrysocolla. Terima kasih

  32. Halo Pak Jesse, saya ada masukan batu chalcedony red baron. Tolong di-identifikasi apakah dyed atau tidak karna saya beli sudah ada memonya NTE. Untuk warna diambil seadil-adilnya masuknya ke arah mana karena red baron itu biasa warnanya bias 2 warna dan suka berubah di tiap kondisi ruangan.. 😀

    Trims

    1. Dear pak Jesse…mineral apa yg terdapat pada batu moss agate? Kebetulan moss agate sy warna kehijauan. Apa batu moss agate hijau ini ada yang dari Garut?

      Terima kasih

  33. Halo pak jesse,

    Saya mau tanya soal Blue Diamond, apakah berlian berwarna biru itu pasti ada treatment atau memang dari alam sudah berwarna biru ? Jikalau ada treatment seperti apa ciri-cirinya. Terima kasih

    1. Halo pak Yance, Blue Diamond yang dari alamnya sudah berwarna biru memang ada, namun biasanya tidak menghasilkan warna vivid. Yang sekarang banyak beredar di Pasar adalah hasil dari treatment radiasi.

      Terima kasih

  34. Selamat malam Mr. Jesse…
    Mohon jika bersedia, membuat artikel seperti chrysocolla in chalcedony diatas, untuk jenis Chrysophrase in chalcedony, chrome chalcedony dan chrysopal….
    Semoga bisa sedikit membantu bagi kami2 di daerah yang jauh dari Lab…paling tidak sebagai bahan identifikasi awal…thx before

      1. Oia pak Jesse, kalau untuk Chrome Chalcedony sendiri bagaimana pak, apakah bisa mengalami “metamorfosa” seperti bacan dalam kata lain “berproses” seperti bacan atau tidak? Thx sebelumnya.

  35. Selamat siang pak Jesse,

    Saya ingin bertanya mengenai Chrome Chalcedony, apakah batu Chrome Chalcedony juga bisa mengalami metamorfosis sama seperti Chrysocolla in Chalcedony? Atau hanya Chrysocolla in Chalcedony saja yg bisa bermetamorfosis (dalam keluarga Chalcedony)?

    Terima Kasih sebelumnya.

    1. Selamat pagi pak Adit,

      Chrome Chalcedony sejauh ini tidak tercatat sebagai varian yang bisa bermethamorphosis, tapi di spesies yang berpori-pori (porous), apapun bisa saja terjadi.

      Terima kasih

  36. Halo pak jesse,

    Selamat tahun baru, ini saya dapat temuan iseng-iseng aplikasi pendeteksi ketepatan warna dari android , namanya COLOR GRAB. Bisa mendeteksi warna berdasarkan barometer HEX , RGB, Cmyk. Disana bisa ditampilkan jenis warna, dan golongan warna. Kita tinggal input gambar yang mau dideteksi warnanya saja. Jadi contoh saya ambil chrysoprase tertera disana jenis warna : citrus, yellow : green. Mungkin bisa dipakai sebagai acuan penulisan di report batu.

  37. Dear Mr Jesse,

    Mohon informasinya mengenai batu yang saya temukan,
    Bermula dari rasa ingin tahu saya mengenai batu yang saya temukuan, warnanya hitam, jika disenter agak tembus, mirip BLACK JADE, tapi tidak nempel magnet.
    Kemarin sore baru saja saya menerima hasil lab dari salah satu lab yang ada di Semarang
    (RGL), disana tertera sbb:

    “NATURAL CHRYSOCOLLA CHALCEDONY”
    COLOR : Black-Green
    CLARITY : Opaque
    COMMENT : NTE
    Pertanyaan saya,
    1. Apakah atas batu yang saya temukan termasuk varian yang sama dengan “BACAN”?
    2. Apakah perbedaan CHRYSOCOLLA CHALCEDONY dengan CHRYSOCOLLA IN CHALCEDON?
    3. Jenis batu apa saja dari jawa yang masuk kategori CHRYSOCOLLA CHALCEDONY?

    Sebelumnya terimakasih banyak.

    salam hormat,
    is abdulah

    1. Pagi pak, biasanya inklusi tenorite dan cuprite yang membuat warna menjadi kehitaman. Sejauh ini, keterangan akan inklusi ini bisa berubah, tapi tetap memakan waktu yang tidak sebentar. Saran saya, main bacan yang sudah jadi saja. Terima kasih

      1. Ya trimakasih pak. Sama apakah chrysocola chalcedony bisa didaerah lainnya seperti di jawa barat atau ntt. Atau hanya di daerah Maluku (Doko,Palamea)

      1. Saya pernah mendengar suatu cairan yang bisa membuat bacan menjadi lebih bersih dan kristal, tapi saya gak tau namanya apa. Tetapi yang saya takutkan apabila cairan tersebut bisa merusak struktur batu bacannya apabila sudah tercemar cairan kimia kedalam chalcedony maka jatohnya adalah Stained Chalcedony seperti dyed

      2. Pagi pak Yance, cukup banyak cairan untuk treatment ‘bacan’. Sejauh ini yang saya perhatikan cairan tersebut tidak mengendap di dalam tapi justru menghisap yang dari dalam untuk keluar, sehingga cairan tersebut jejaknya tidak terdapat di dalam. Terima kasih

      3. Di Facebook ada pakar Chrysocolla In Chalcedony, nama akunnya ‘Bobsaid Gems”, coba di add dan pertanyaan mengenai deposit, ciri-ciri setiap deposit, dan treatment bisa ditanyakan pada beliau. Terima kasih

  38. Slamat mlm om salam sejahtera….
    Sy mau nanya nich untuk crysocola in chalsedoni kadang ada retakan2…pertanyaannya apakah retakan2 ini bisa pulih lagi om

    1. Selamat pagi pak, jika yang dimaksud adalah ‘crack’ maka tidak akan hilang kecuali dimasuki sesuatu, contohnya seperti oil di Emerald atau glassfilling di Ruby. ‘Crack’ jika sudah masuk oil dsb maka akan terkamuflase. Terima kasih

  39. selamat siang pak …. saya ada bacan yg katanya blue electric tetapi masih proses. kebetulan saya poto batunya setiap beberapa bulan untuk melihat perubahan. setelah 4 bulan saya lihat ada perubahan warna dari biru awan ke hijau botol dan lebih kristal di permukaan. apakah secepat ini prosesnya ?

    1. Selamat siang pak, waktu perubahan di batu ini memang bermacam-macam, selama tidak mengandung inklusi yang ‘padat’ maka akan lebih cepat lagi, dan di Facebook ada pakar Chrysocolla In Chalcedony, nama akunnya ‘Bobsaid Gems”, coba di add dan pertanyaan mengenai deposit, ciri-ciri setiap deposit, dan treatment bisa ditanyakan pada beliau. Terima kasih

  40. Siang Pak Jesse Taslim,
    Saya kurang lebih 1 bulan yang lalu lab batu di GRI, keluarnya composite stone.
    Yang mau saya tanyakan untuk composite stone ini batu buatan atau ada batu alam yang memang terbentuk secara alami dari beberapa mineral.
    Kedua, tgl 27 jan kemaren saya lab lagi batu saya dari daerah purbalingga di GRI GRI12016-R0100973), keluarnya Natural Chrysocolla in Chalcedony, apakah ada perbedaan specifik dari batu ini dengan batu bacan yang juga chrysocolla in chalcedony.
    Terimakasih atas pengetahuan yang diberikan

    1. 1.Composite diindikasikan sebagai gabungan potongan-potongan kecil pak, bisa natural atau sintetik, bisa juga bercampur antara natural dan sintetik, dan yang menggabungkannya adalah manusia.

      2.Kemarin cukup lama ketika kami analisa Chrysocolla Chalcedony tersebut, dikarenakan memiliki karakter yang tidak biasanya. lebih padat dan karakter inklusi yang sedikit berbeda, tapi untungnya ada 1 buah yang lebih transparan sehingga bisa di test di UV-VIS dan spectrumnya menunjukan yang sama dengan Chrysocolla in Chalcedony. Sebenarnya kemarin saya beritahu admin untuk bicara dengan anda, kemungkinan mereka lupa. InsyaAllah saya telp siang ini, salam sukses.

      Terima kasih

      1. Selamat siang pak jesse..
        menyambung pertanyaan pak priyo mengenai chrysocolla chalcedony dr purbalingga saya juga lab di acc dan 1bahan hasilnya chrome,prase, dan chrysocolla chalcedony…kalo transparasi lebih jelas bisa dikatakan chrysocolla chalcedony, bagaimana dengan yang semi transparan pak, apakah masuk kategori prase chalcedony..

      2. Selamat malam pak,

        Phrase Chalcedony adalah low saturation dari Green Chalcedony (agen pewarnanya adalah nikel), Sedangkan Chrysocolla in Chalcedony adalah adanya unsur Chrysocolla di dalam Chalcedony (kami menggunakan advance equipment), dan Chrome Chalcedony adalah green Chalcedony tapi agen pewarnanya bukan nikel tapi Chromium (reaksinya bisa terlihat di standart dan advance equipment), jadi disebut sebagai Chrome Chalcedony.

        Memang bahan yang diakui dari purbalingga ini pernah membuat saya berjam-jam menelitinya di mikroskop, yang transparant walaupun terlihat berbeda karakternya tapi di advance equipment melihatkan reaksi yang sama dengan Chrysocolla in Chalcedony, sedangkan yang tidak terlalu transparant cukup sulit di pastikan (di advance equipment juga demikian).

        Jadi mungkin ini sama seperti ‘kasus’ Chrysocolla in Chalcedony yang masih tertutup dengan unsur tembaga atau lainnya, jika belum terlihat Chrysocollanya dengan jelas, maka bisa saja seorang gemolog mengidentifikasikannya sebagai Agate Chalcedony.

        Mengenai adanya Chrome Chalcedony di 1 bongkahan tersebut, saya rasa belum pernah mendengar bahwa hal ini bisa terjadi, coba anda minta periksakan ulang pak, mungkin saja ada kesalahan cetak dan sebagainya.

        Terima kasih

  41. Dear Pak Jesse Taslim,

    Saya mau tanya satu hal saja. Apakah melakukan penjemuran dengan direct sunlight (matahari) dapat memberi efek terhadap batu chrysocolla in chalcedony tersebut?
    Yang saya maksud disini adalah penjemuran batu ‘bacan’ ini ada korelasinya terhadap sinar matahari (ultra violet dsb) yang mengenai batu tersebut setiap hari? Merujuk kepada fenomena batu ‘bacan’ ini yang terkenal akan icon dari sebuah metamorfosis warna batu.
    Please advise and pencerahannya. Thanks

    1. Dear sir,

      Sepertinya akan ada reaksi perubahan jika dilakukan seperti yang anda sebutkan, yang jadi pertanyaan!, apakah dengan dilakukan treatment tersebut, batu ini menjadi lebih baik atau tidak?, jadikan ini ‘PR’ untuk diri anda. Selamat berlabuh di dunia batumulia.

      Terima kasih dan salam sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.