Beberapa tahun yang lalu, pasar batu mulia Indonesia cukup dikagetkan dengan adanya penemuan sebuah batu permata yang terlihat cukup unik dan memiliki fenomena berupa inklusi di permukaannya yang terlihat ‘bergerak-gerak’ ketika adanya sorotan cahaya. Opini pun berkembang luas tentang jenis batu tersebut yang sebenarnya. Ada dua warna, pertama berwarna hitam dengan kilatan emas keabu-abuan dan yang satunya berwarna hijau dengan kilatan putih. Yang berwarna hitam adalah ‘Bulu Macan’ dan yang berwarna hijau adalah ‘Bulu Monyet’.

DSC_0921 copy(1)
Natural Tiger’s Glass
Tiger's glass
Inklusi di Permukaan

Masih teringat ketika pertama kalinya Kami menerima sample ‘Bulu Macan’ untuk diteliti, kami pun cukup kesulitan dalam mencari referensi yang memadai dari sumber-sumber yang dapat di percaya, namun pada akhirnya setelah kami rasa referensi yang didapatkan sudah cukup, maka kami pun memberikan hasil untuk batu tersebut adalah Pietersite Quartz. Lain halnya dengan batu yang warna hijau, ‘Bulu Monyet’ tadi yang meskipun menyita waktu untuk diteliti namun pada akhirnya cukup memuaskan, karena kami berhasil menemukan kriteria identik yang merujuk terhadap batu dengan jenis Seraphinite.

Seraphinite copy(1)
Seraphinite

Sebagian para penggemar Batu Mulia di Indonesia mengira bahwa keduanya adalah batuan yg sama, namun setelah melakukan penelitian demi penelitian, maka Kami menyimpulkan bahwa keduanya adalah batuan yang berbeda. Meskipun merupakan hal yang wajar jika ada yang mengira bahwa ‘Bulu Macan’ dan ‘Bulu Monyet adalah jenis batuan yang sama dikarenakan memang adanya ‘kemiripan’ karakter satu sama lainnya. Ada dua komponen utama yang meyakinkan kami bahwa keduanya adalah batu yang berbeda; Pertama, struktur bahan (rough) serta inklusi keduanya berbeda jauh, dan yang kedua, adalah ‘hardness’ atau ‘kekerasan’, secara mengejutkan, ‘Bulu monyet’ atau Seraphinite memiliki hardness yang cukup rendah jika dibandingkan dengan ‘Bulu macan’, yang pada awalnya kami sebut Pietersite Quartz tersebut.

Kami tidak berhenti dalam menggali informasi mengenai kedua jenis batuan tersebut, terutama ‘Bulu Macan’. Kami pun melakukan inisiatif untuk menghubungi GIT Thailand dan menjelaskan kepada mereka mengenai hal ini. Pada akhirnya mereka tertarik dan meminta kami mengirimkan kedua sample batu tersebut. Sekitar satu minggu setelah sampai ditangan mereka, mereka pun menginformasikan kepada kami bahwa hasil mereka untuk ‘bulu monyet’ sama dengan kita yaitu Seraphinite. Namun tidak untuk ‘bulu macan’, mereka meminta waktu yang lebih panjang untuk jenis yang satu ini. Kami pun memberikan izin dengan harapan mereka dapat membantu kami, serta memberikan hasil penemuannya. Dua minggu pun berlalu ketika mereka akhirnya kembali menghubungi kami dan mereka menyatakan belum dapat menemukan hasil yang cocok untuk batuan jenis apapun dan karena itu mereka tidak dapat memberikan opini maupun jawaban, ini hal yang wajar dikarenakan dunia Batu Mulia itu memang cukup luas dan masih terus berkembang, akhirnya Kami pun semakin penasaran dan bertekad untuk menemukan hasil yang tepat untuk ‘bulu macan’ ini.

Setelah itu, kami- Adam Harits G.G, Jesse Taslim G.G, Mingma Sherpa G.G., D.G.I., Louis Nova G.G, serta Warren Serrie G.G sebagai gemologist yang mewakili GRI Lab kembali melakukan riset secara intensif dengan penuh determinasi tinggi agar publik mendapatkan informasi serta pengetahuan yang akurat akan batu ‘bulu macan’ ini. Penelitian kami dikagetkan ketika kami menemukan salah satu ciri dari Natural Glass didalam Bulu Macan ini. Kami sendiri masih sulit untuk mempercayai penemuan terbaru yang kami lakukan. Dari banyaknya referensi yang kami pelajari, ternyata ciri-ciri dari Natural Glass yang lebih spesifik lagi adalah Basaltic Glass bisa dikatakan identik dengan batu ‘Bulu Macan’ yang sedang kami teliti ini, mulai dari Refractive Indexnya, Spesific Gravity, serta kandungannya.

conchoidal structure 2(1)
Struktur

Salah satu staff ahli gemologist kami, Mr. Mingma Sherpa, G.G. , D.G.I, menghubungi guru besarnya yang merupakan pimpinan dari Gem Testing Laboratory (GTL) yang tepatnya berada di Jaipur India (anda dapat mencari di google jika ingin tahu lebih lanjut mengenai Laboratory ini) dan membeberkan cerita mengenai hal ini dari awal sampai pada tahap hasil penemuan kita yang terakhir. Beliau pun merasa tertarik untuk meneliti yang pada akhirnya kami pun mengirimkan beberapa buah sample, baik bahannya maupun yang sudah di poles. Beberapa minggu kemudian kami mendapat email dari beliau menjelaskan bahwa beliau sependapat dengan kami bahwa ‘Bulu Macan’ adalah salah satu jenis dari Natural Glass yang lebih tepatnya lagi disebut Basaltic Glass dan merupakan jenis dari Natural Glass yang cukup langka dengan kandungan silika 50%.

choncoidal structure(1)
Struktur
A027 - 20140226_150221 copy(1)
Inklusi di Permukaan

Ini lah hasil riset terkini yang kami lakukan, dapat kami pastikan bahwa ‘Bulu Macan’ adalah Basaltic Glass yang pada akhirnya kami sebut sebagai ‘Natural Tiger’s Glass’. Kami memutuskan untuk memberikan nama tersebut dikarenakan kami sangat memperhatikan terhadap kelangsungan batuan asal Indonesia ini khususnya di pasar domestik dan pada umumnya untuk pasar Internasional. Kami khawatir jika hanya memberikan nama sebagai Basaltic Glass saja, penghargaan terhadap kekayaan batu mulia Negara tercinta ini menjadi berkurang. Kami rasa pemberian nama ini cukup tepat dan dapat digunakan oleh semua pihak.

Tiger's eye Glass
Tiger’s Glass Raman (GTL Jaipur)

 

(GRI-Lab)

313 thoughts on “TEKA TEKI BATU ‘BULU MACAN’ dan ‘BULU MONYET’

  1. halo pak, saya mau tanya perbedaan kalimaya afrika, australia, dan banten secara kacamata orang awam ada dimana beda nya ya pak??
    apakah ada hal yg dengan gampang dapat dibedakan dari ketiga asal negara tsb? misal dari warna atau kilau pelangi/jarongnya ??
    Terima kasih.

    1. Halo juga pak, ya memang untuk memisahkan secara kasat mata bisa dari kemampuan kita melihat perbedaan play of colour (kembang). Biasanya jika Banten, kembangnya berada di dalam dan suka diselimuti oleh ‘awan’ dipermukaan, sedangkan australia lebih terang dan berukuran kecil kembangnya, sedangkan Afrika memiliki kembang yang lebih terang dan lebih besar ukurannya. Tentu warna badan juga bisa memisahkan dan kami memisahkan origin bukan dari hal ini saja, melainkan dengan sifat dari karakter masing masing.

      Terima kasih

  2. Selamat sore Pak Jesse, terimakasih untuk artikel dan informasi yang sangat berkualitas ini, akhirnya saya menemukan referensi yang valid tentang batu bulu macan. Ditengah boomingnya batu mulia di negri ini, di dunia maya juga booming blog yang mengupas berbagai hal tentang batu mulia, sayangnya informasi yang disampaikan banyak yang bias dan tidak dapat dijadikan referensi. Ironis nya blog2 tersebut ada dihalaman depan hasil pencarian menggunakan google.

    sekali lagi terimakasih Pak Jesse, salam sukses untuk tim GRI Lab.

  3. Pak, saya Anton dari Bondowoso Jawa Timur. Ada teman yang menemukan jenis batu khas daerah Pacalan Bondowoso, dan orangnya berniat ingin mengetahui jenis batu tersebut. Bagaimana cara untuk bisa diteliti di GRI Lab/oleh pak Jesse Taslim sendiri??

    Ni no kontak saya: 085258822497

    Kalo bisa minta no kontaknya pak Jesse yah..

    trims…

  4. Salam pak,,, saya Anton dari Bondowoso Jawa Timur….
    Teman saya beberapa bulan yang lalu menemukan jenis batu mulia di daerah Pacalan Bondowoso Jawa Timur disekitar bukit batu kapur.
    Beliau ingin sekali meneliti batu tersebut karena referensi tentang jenis batu tersebut belum ditemukan di internet.
    Bagaimana caranya yah pak jika mau menelitinya di pak Jesse atau di GRI lab? Karena sangat ingin sekali batu tersebut diteliti agar tahu jenis batunya apa?

    Mohon bantuannya pak….

    ni nomor kontak saya: 085258822497

    Kalo berkenan saya juga mau minta nomor kontaknya pak Jesse biar lebih enak ntar kalo hubungi pak Jesse karena saya tidak tiap saat online..

    Trims

    1. Salam pak,

      Kirimkan saja bongkahan kecilnya pak, jika bisa maka dipoles licin terlebih dahulu, ukuran sebesar koin juga boleh pak.

      Fast respon:021-3510132

      Terima kasih

  5. Assalamualaikum…
    Minta pencerahannya
    Saya ada batu yg sudah di gosok kalau kena sinar matahari warna ping dan kalau kena cahaya lampu neon warna hijau. Itu namanya batu apa ya ?

    Itu batu/sinteties ?

    1. waalaikumsalam,

      Kriteria yang anda sebutkan diatas adalah ciri ciri dari sebuah batu mulia yang memiliki fenomena color change. Mengenai jenisnya tentu harus dianalisa terlebih dahulu, bisa Alexandrite Chrysoberyl, Color Change Sapphire, Color Change Garnet, bahkan juga bisa Sintetik.

      Terima kasih

  6. Terima kasih atas artikel dan informasi dr blognya pak.
    Saya ingin bertanya,sebagai orang awan yg blm mengetahui tentang ciri khas asli dr batu alam dan sintetis.Dmn letak perbedaannya jika kita lihat secara kasat mata pak?Bisa dijelaskan perbedaan spesifikasi antara batu alam asli dan batu sintetis pak?Biar org” seperti saya tidak tertipu dgn penjual batu gadungan..
    Terima kasih pak

      1. Batu Bulu Macan bukan dari gunung semeru atau pegunungan semeru tapi banyak terdapat di lahan-lahan perkebunan tebu pabrik gula jatiroto tepatnya desa sukosari kecamatan jatiroto kabupaten lumajang,
        orang-orang di lumajang berpendapat bahwa bulu macan adalah limbah dari pabrik gula jatiroto yang sudah puluhan tahun dan kemudian mengeras menjadi batu.

        Maaf saya tidak mengerti tentang batu, saya hanya menyampaikan apa yang saya tau,
        ini pin bbm saya 57cf34df
        saya dari lumajang.

      2. Jika memang hasil dari limbah pabrik, maka logikanya di setiap pabrik gula pasti memiliki deposit ‘Bulu macan’ pak, dan di mua bumi ini mungkin ada jutaan pabrik gula. terima kasih

      3. Maaf pak Jesse, saya sebenarnya tidak mengerti tentang batu saya hanya mengatakan apa yang saya tau, itu juga pendapat dari orang2 di lumajang karena lokasinya berdekatan dengan pabrik gula jadi orang2 berpendapat kalau bulu macan berasal dari limbah pabrik itu.

        Saya pribadi setuju dengan pendapat pak Jesse di atas.

  7. Selamat Sore Pak Jesse, sebagai pecinta batu-batuan berharga saya ingin konfirmasi bahwa apakah pendapat bapak tentang halnya banyak orang mempercayai kalau batu-batuan ini punya tuah tertentu, misalnya bisa membuat orang mantap dan percaya diri, bisa dikasihi orang banyak, dan lain-lain. Apakah ini hanya takhayul belaka atau memang pengaruh atau daya dari batu-batuan tsb. Malah katanya ada Khadamnya (penunggunya). Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    Dari saya, Antonio Ardoko.

    1. Selamat malam pak,

      Jika Anda menggunakan sebuah batu mulia yang indah dan pilihan bagi anda, tentu anda akan merasa percaya diri.

      Mengenai Khadam (penunggu), entah ya, saya belajar batu mulia sejak tahun 97, dan mungkin sudah jutaan batu mulia yang pernah mampir di tangan saya, tapi sampai saat ini saya belum pernah bertemu dengan penunggunya.

      Yang saya yakini cuma apapun yang diciptakan Tuhan, maka ia pun ikut berzikir. Mungkin disinilah adanya hubungan mikro dan makro kosmos. Hanya tuhan yang tahu.

      Terima kasih

  8. mau tanya pak?
    saya punya 2 batu seperti keterangan diatas, yang satu berukuran kotak ukuran panjang 3cm ketebalan 2cm, yang satu berbentuk oval
    ciri2 batunya hitam ada serat emas keabu2an kalau digoyang seperti bergerak seperti 3D, tapi setelah dicek kekerasan batu cuma naik 2-3 strip, apkah itu sejenis bulu macan?

    1. Sebenarnya banyak yang menganjurkan untuk menggunakan 2 dari perusahaan yang berbeda ketika kita menggunakan alat pengukur kekerasan dan gemologist biasanya tidak terlalu sering menggunakan alat ini untuk memastikan sebuah batu mulia. Logikanya, dari ribuan mineral yang telah ditemukan, tentu memisahkan dengan mengukur kekerasan yang hanya terdapat angka 1 sampai 10 bisa sangat membingungkan.

      Saran saya, kirimkan batunya ke lab yang anda percaya.

      Terima kasih

      1. Met malam pak jesse taslim…. Saya mau menanyakan tentang hasil lab prase chalcedony dan chrisoprase,apakan ada kaitan jenis dari 2 hasil tersebut. Dan juga antara aragonite dan pectolite apakah juga ada kaitanya juga

      2. Pagi pak,

        Prase Chalcedony adalah varian dari chalcedony yang memiliki warna dengan saturasi yang lebih rendah dari Green Chalcedony. Biasanya memiliki warna Deep Green, tentu kedua varian ini ada kaitannya satu sama lain, sedangkan Aragonite dan Pectolite tidak ada kaitannya sama sekali, dua spesies yang berbeda.

        Terima kasih

      1. Maaf pak,
        Apa benar cma warna hijau?soalnya di jatim byk beredar seraphinit warna black dan gold..malah yg black seraphinite ini yg digunakan pedagang nakal utk menjerat korbannya dgn mengatasnamakan tigers glass..mohon info lbh lanjut pak. Trima kasih

      2. Nanti akan kami update pak, batu-batu mulia yang memang memiliki fenomena sheen yang terlihat hampir sama dengan ‘Tiger’s Glass’ itu cukup banyak, contoh-contohnya sedang diteliti oleh senior kami di luar negeri, secepatnya akan kami update.

        Terima kasih

  9. pagi pak Jesse….saya mau tanya nih, klo saya lihat di memo dikatakan batu Natural apa kek, tapi di commont di tulis D, GF, NTE dan seterusnya….apa itu masih bisa dikatakan batu Natural?…makasih pencerahannya

    1. selamat malam pak,

      Selama di identifikasinya tertulis natural, maka batu tersebut hasil dari alam (bukan buatan manusia), mengenai yang dimaksud ‘comment’ adalah adanya treatment yang dilakukan manusia terhadap batu mulia tersebut, contohnya seperti treatment D-Dyed (pencelupan untuk menambahkan warna), GF-treatment pemanasan dengan menggunakan unsur glassfilled dan sebagainya. Adanya treatment, tidak otomatis menjadikan batu mulia tersebut menjadi sintetik.

      terima kasih

      1. selamat pagi pak, saya mau tanya dari informasi yang beredar saat ini dimasyarakat kalau batu bulu macan itu, berasal dari limbah pabrik tebu (tetes) yang mengkeristal. apakah benar demikian?

      2. pagi pak,

        tidak demikian pak, kemungkinan memang kebetulan konsentrasinya terdapat di perkebunan tebu saja. untuk menjadi sebuah mineral menjadi kristal itu membutuhkan jutaan tahun pak, dan jika memang benar bahwa limbah pabrik tebu bisa menghasilkan batu seperti bulu macan, maka logikanya setiap pabrik yang berada di muka bumi bisa memiliki batu ini juga. terima kasih

  10. selamat pagi bapak.kalu boleh tanya apakah benar batu fire opal itu berasal dari getah yang mengkristal lalu apakah perbedaan yang ketara antar fire opal dari berbagai daerah di nusantara.terima kasih atas waktunya bapak.

    1. pagi pak, batu mulia yang berasal dari getah pohon adalah amber, bukan opal. dan origin fire opal yang tidak memiliki kembang, tidak bisa dipastikan dikarenakan karakternya sama satu dengan lainnya. terima kasih

  11. selamat pagi bapak .saya mau menanyakan apakah ada betuan fire opal dari daerah lain selain dari wonogiri jateng.bila da apakah perbedaan diantara batuan dan ciri spesifik antar daerah tersebut.terima kasih atas waktunya.

    1. pagi pak, fire opal banyak juga di afrika, mexico, dan beberapa lokasi lainnya. untuk varian ini tidak bisa di pastikan originnya, kecuali yang memiliki kembang. terima kasih

  12. Siang pak, sy punya bahan batu warna hitam berkabut putih tipis sekali
    dan batunya seperti jenis basaltic glass, mohon infonya pak …… trims
    sebelumnya.

    1. pagi pak, ada beberapa spesies yang memiliki karakter hampir sama dengan tiger’s glass, ada bronzite, black seraphinite, dan lainnya. memeriksakannya di lab adalah jalan yang terbaik. terima kasih

  13. Malam pak JT . Kemarin saya kirim bulu macan untuk di lab di GRI hasil yang di dapat adalah natural black seraphinite kok ndak pakai tiger’s glass apa sudah berubah nama? Salam

    1. malam juga pak, hari ini kami juga kedatangan 3 buah batu yang sama, yaitu black seraphinite, bukan tiger’s glass. memang karakternya hampir sama, namun propertis, khususnya hardness, jauh berbeda. memang jenis ini mulai bermunculan di market indonesia, di jual sebagai ‘bulu macan’. kebetulan ketika kemarin di surabaya bertemu dengan komunitas bulu macan di sebuah pameran dan mereka meminta saya untuk meneliti jenis ini.

      sampai saat ini ada 2 jenis spesies yang memiliki karakter seperti ‘tiger’s glass’, yaitu Bronzite dan Black Seraphinite. sampel yang diberikan gratis oleh komunitas tersebut masih dalam pemolesan sambil menunggu sampel Bronzite yang ‘on the way’, kemungkinan akan ada artikel terbaru atau penambahan materi di artikel tentang ‘bulu macan’

      terima kasih

      1. Terima kasih pak untuk penjelasannya. batu yang saya kirim ke GRI adalah kiriman dari Jember kampung kelahiran saya no GRI2015-0615677 dan GRI2015-0615676 apa untuk lebih meyakinkan lagi apa perlu untuk di lap lajuntan di GRI. Harap maklum kemarin saya cuma bikin ID Card saja.

      2. Terima kasih untuk semua artikelnya.
        Tidak sabar rasanya menunggu artikel baru atau penambahan materi mengenai bronzite & black seraphinite nya berkaitan dengan nama dagang lokal “bulu macan”.
        Salam sukses selalu.

  14. bukannya bulu macan masuk ke seraphinite? kalo setau saya pietersite quartz ga seperti itu, mohon penjelasannya. txs u

  15. gan, ane pny batu berwarna hitam.
    Secara kasat mata penampilan biasa aja karna warna ny cendrung hitam.
    bila disenter batu tembus berwarna abu abu kehijauan,
    bila disenter dr jarak 5cm keatas ada bias warna ungu dan hijau.
    Dr empu prtama katanya black opal kalimaya dr banten, krna empu ny asli asal sana.
    Tp menurut ane kok beda ama black opal banten yg di google google.
    Kira kira batu ap ya.. Maklum buta kayu

  16. Pak saya mau nanya,bagaimana cara mengkristalkan batu bulumacan,sedangkan py saya bongkahan yg dalamnya msh basah,pernah saya cb bentuk jd batu perhiasan tapi serat macannya hilang,mohon petunjuk cara treatmen nya

  17. slam kenal pak saya masih penasaran tentang batu bulu macan tigers glass, bisa tolong jelaskan bagaimana proses terbentuknya batu tersebut,dan dari mana asal bulu yang di sebut jarong oleh para penggemar batu jenis ini,dan mengapa hanya di temukan di daerah jember lumajang saja…mhon pencerahannya ..terimakasih

    1. salam kenal pak, proses terbentuknya akibat dari proses vulkanik, silica yang terpanaskan oleh lava lalu mendingin menjadi kristal. mengenai adanya fibrous fenomena di batu tersebut dikarenakan adanya sebuah unsur yang memiliki luster tinggi dengan tekanan dalam bumi berserta suhu yang tinggi ketika masa pertumbuhan kristal. mengenai kenapa hanya ditemukan di satu daerah saja?, kemungkinan jawabannya bisa juga sama dengan Tanzanite yang hanya ditemukan di negara Tanzania saja, atau juga sama dengan Tsavorite dan Paraiba Tourmaline, yang dulunya hanya ditemukan di satu daerah, namun sekarang sudah ditemukan di daerah lainnya.

      terima kasih

      1. Kenapa batu bulu macan kalau di LABkn di BIG LAB atau KGL keluarnya BLACK OBSIDIAN(textite) bukan basaltic glass .trm ksh

  18. Hallo pak
    saya mau tanya bagaimana membedakan bulu macan lumajang dengan black seraminhite?
    dilihat dari kacamata orang awam seperti saya ini
    thanks sebelumnya

  19. Salam kenal pak Jesse.saya memiliki batu yang beberapa orang menyebutnya kecubung teh,tapi beberapa orang menyebutnya batu sintetis karena ada sedikit gelembung udara di dalamnya.apakah batuan asli kecubung teh tidak mungkin ada gelembung udaranya? Terimakasih pencerahannya.

    1. salam kenal pak, jika melihat inklusinya hanya dengan kasat mata atau loupe yang berukuran kecil maka inklusi yang seharusnya bukan gelembung udara bisa saja terlihat seperti gelembung udara, ada beberapa inklusi jika tanpa mikroskop maka akan terlihat seperti gelembung udara. Terima kasih

  20. mohon dibantu dijelaskan pak…bagi orang lumajang asli dan komunitasnya ternyata yang membedakan antara seraphinite dan basaltic itu bukan kekerasannya tp seraphinite itu yg msh mentah atau blm kristal sedangkan yg basaltic yg sdh kristal, dan saya juga bingung karena mereka saya kasih info artikel dr bapak juga tidak terima…mohon dibantu pak…terima kasih

    1. Ketika ada pameran batu mulia di Surabaya, saya bertemu dengan komunitas ‘bulu macan’ pak, kami diskusi dan foto bersama disana. Mereka mengapresiasikan penemuan GRI terhadap ‘bulu macan’ dan disana mereka juga mengeluhkan bahwa ada oknum oknum yang mencampur ‘bulu macan’ dengan spesies lain yang dijual sebagai bulu macan. Hati-hati pak, komunitasnya harus pilih-pilih dan lebih baik sertifikatkan terlebih dahulu sebelum membeli. terima kasih

  21. Permisi om.. Apakah sama sample bulu macan jawa versi Jesse Taslim (Salah 1nx mpunyai kandungan Basaltic glass) dgn sample bulu macan sulawesi / Naga sikoi (Inklusi jenis HYPERSTENE / Ferroan Enstatite (FE) / Ficinite (of Kenngott) / Germarite Hyperite.???

  22. Apakah pantas pemberian nama basaltic glass (SiO) pd bulu macan yg nota benenx hnya slah 1 unsur pembentuk dri sekian pembentuk yg lain dlm mineral yg d maksud (Bulu macan) dn hnya mnguasai sekian % nilai kandungan..??? bagaimana dgn batuan lain yg mpunyai unsur pembentuk yg sama (Basalth) misalnx obsi.. through bronzite (Mg,Fe)SiO3.. enstatite/Diobside (MgSiO3).. HYPERSTHENE (Fe,Mg)SiO3.. Orthoferrosilite FeSiO3.. plagioclase feldspars.. Ferrosilite (FeSiO3).. Cordierite – (Mg,Fe) garnet.. dll, apakah jg hrs d ganti nama mnjadi basaltic glass (Tiger glass). APA YG SALAH DENGAN ORG INDONESIA DLM BEREDUKASI STONE (Terkadang Keluar jalur dlm mncari sensasi).. (Jangan heran saat anda kuliah terbuka pd om google anda akan kesulitan mnemukan pnjelasan mngenai basaltic glass dlm bentuk bulu macan..).???!!!!

    1. Tidak ada yang salah pak, semua ini bisa dipisahkan dengan propertis dan kita tidak boleh menyamakan arti dari ‘basalt’ dengan ‘basaltic glass’, terima kasih

      1. Jika basalt dn basaltic glass berbeda Smntara proses pembentuknx sma, struktur pola crystal pembentuk jg sma, rumus formula kimia jg sma, Trus perbedaanx dmna??? (Jgn katakan Prbedaan, 1 peke glass 1 lgi tdk).. Krn basalt tnpa glass pun sdh pasti glass. Atau jgn bilang perbedaanx, (basaltic glass, lava dri indonesia smntra basalt tanpa glass, lava dri luar negeri).

  23. 1. Apa yg salah dlm penentuan Jesse Taslim (GRI) dlm mnyimpulkan jenis Bulu Macan mnjadi Bassaltic glass (Tiger glass).. Sementara Bassaltic glass hanya salah 1 unsur pembentuk dri bbrpa pembentuk yg ada dlm batuan bulu macan tsb..
    2. Sejauh mana batas kmampuan Gemmolog Indonesia.. hingga sample bahan Bulu Macan hrs d kirim ke GIT Thailand (Meski tak menemukan Jawaban) dn berlanjut ke Guru besar Gemmolog testing Laboratory india (GTL) hnya utk mngetahui dn memastikan jenis batu tsb..
    3. Mengapa kadang ada bahan / sample yg hrs d kirim k negara lain atau pusat Lab..
    4. Mengapa selalu terjadi perbedaan hasil Lab oleh para gemolog.. dgn tanpa mngkaji formula yg terkandung dlm batuan tsb??? (Sesuai buku besar daftar batuan mineral)

    1. 1. Sejauh ini tidak ada yang salah pak, jika ada yang salah maka akan kami perbaiki. Perlu kita sadari bahwa ilmu gemologi bukanlah seperti matematika, bagi yang berwawasan luas, hal ini sudah cukup dimengerti.
      2. Bagi dunia ilmu pengetahuan, meneliti sebuah spesies itu bersifat bebas.
      3. Hal ini lumrah, jika memang ditemukan spesies baru atau mungkin treatment baru, membicarakannya dengan gemolog yang lain adalah jalan yang terbaik. Jika anda mengenal sebuah lab di luar negeri yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi maka akan lebih baik lagi.
      4. Ada 3000-4000an mineral dalam Bumi, ada sekitar 300an yang masuk di wilayah gemologi, ada sekitar puluhan cara treatment, serta ada beberapa cara membuat sintetik dan ada beberapa metode pembuatan imitasi. Berbeda jawaban bisa saja terjadi, apalagi sekarang banyak lab-lab yang menggunakan ‘jasa asisten gemologist’ ketika melakukan analisa terhadap sebuah spesies, perbedaan jawaban akan semakin besar.

      Terima kasih

      1. Tolong pak apa yang dimaksud treatment baru? Apakah bulu macan yg disebut basaltic glass itu awalnya batu yg ditreatment?

  24. Selain gri ada yg mengakui ngga ini? Coba di labkan di kgl pasti seraphinite, dan anehnya seraphinite di indonesia dibilang bukan bulu macan,padahal sama jenisnya, banyak mafia yg mencari popularitas dan keuntungan karna bingung kesaingan seraphinite yg jenis dan bulunnya sama bagusnya banyak juga serta barangnya banyak jadi bingung, Hahahaha

    1. Yang sekarang banyak masuk adalah black seraphinite dan spesies ini berbeda dengan ‘Bulu Macan’, tidak sama jenis. Jika kita sudah memiliki jam terbang yang tinggi, maka kita akan lebih mudah lagi melihat perbedaannya. Terima kasih

      1. Jika Black seraphinite (Menurut GRI memang ada) dan yg selama ini di anggap bulu macan oleh bbrpa LAB dn gemstoner indonesia, tpi berbeda dgn basaltic glass, tidak sama jenis. Maka yg jadi INTInx adalah BAHAN SAMPLEnx (Sample bulu macan yg masuk dn di teliti ke GRI, SAMPLEnya yg seperti apa dn yg bagaimana, (Kalau memang BAHAN SAMPLE yg BERBEDA (ada bulu macan BLACK SERAPHINITE dan ada bulu macan Basaltic glass,maka jelas hasilnxpun pasti berbeda)… yg jadi pertanyaan selanjutnx.. siapa yg berhak menyandang BULU MACAN, Black seraphinite kah atau basaltic glass)..

  25. sebelumnnya maaf anda bilang tidak sama jenis dari segi apa?bulu dan kekerasan kah ?mungkin benar kekerasan dan bulu seraphnite dan basaltic berbeda tipis di 3Dnya tapi mereka sama jenis batuan yang berbulu dan juga hampir mirip, tapi banyak orang yg bilang bulu monyet padahal sangat jauh kalo dibilang bulu monyet. sebelum gri mengeluarkan basaltic gri mngatakan seraphinite ada juga yang pietersite. kalo orang bilang seraphnite bukan bulu macan lucu juga…gri aja mengakui seraphinite bulu macan cuma yg membedakan keduannya adala nama ilmiahnya. selain gri juga blm ada yang mengakui nama itu

    1. Binghamite merupakan salah satu varian dari Agate yang memiliki karakter hampir mirip dengan Petersite atau Tiger’s Eye dan terdapat di tambang besi. Terima kasih

    1. Selamat pagi pak,

      Seraphinite bukan Basaltic Glass, bukan Tiger’s Glass. Propertisnya jauh berbeda, sedangkan karakter memang terlihat sama jika dengan kasat mata, tapi dengan mikroskop bisa terlihat jauh berbeda karakternya.

      Terima kasih

  26. Jika basalt dn basaltic glass berbeda Smntara proses pembentuknx sma, struktur pola crystal pembentuk jg sma (Inosilicate), rumus formula kimia jg sma, Trus perbedaanx dmna??? (Jgn katakan Prbedaan, 1 peke glass 1 lgi tdk).. Krn basalt tnpa penyebutan glass pun sdh pasti glass. Atau jgn bilang perbedaanx, (basaltic glass, lava dri indonesia smntra basalt tanpa glass, lava dri luar negeri).

  27. Jika Black seraphinite (Menurut GRI memang ada) dan yg selama ini di anggap bulu macan oleh gemstoner, tpi berbeda dgn basaltic glass, tidak sama jenis. Maka yg jadi INTInx adalah BAHAN SAMPLEnx (Sample bulu macan yg seperti apa dn asal mana, yg masuk k GRI hingga ada black seraphinite dn basaltic glass)????…

    1. Sependapat dengan pak Ucha, Sample bahan dari mana yg diambil GRI hingga ada basaltic dan black seraphinite? Kalo dibilang seraphinite yg sekarang yg beredar dipasaran sangat berbeda dengan seraphinite yg berada dirussia..struktur dan bulu sama dengan basaltic yg disebut gri, Terutama seraphinite yg beredar di jawa timur, apakah (seraphinite?) yg beredar di pasaran masih bisa disebut seraphinite(bulu monyet)/seraphinte(bulu macan)? TRIMAKASIH

      1. Propertis dan karakter antara Tiger’s Glass dan Seraphinite itu berbeda pak, mungkin karakter terlihat sama ketika dilihat dengan kasat mata, tapi dengan mikroskop, semuanya terlihat berbeda dengan jelas. Terima kasih

  28. Ciri ciri komplit batu bulu macan itu seperti apa? Khususnya masih dalam bentuk bongkahan.

    Karena akhir akhir ini makin banyak pedagang yg menjual bulu macan.. bahkan ada julukan iteman segala

    Mohon untuk berbagi info yang jelas

    Kasihan beberapa pemula yg ingin mempunyai batu ini trial and eror membeli juga membutuhkan biaya.

  29. puyeng sy om jesse…sy punya batu sy kira seraphinete,sy lab di gri ternyata bronzite,padahal item motiif putih kya sayap…angelwings…setau sy bronzite itu coklat..maklum pemula om jesse..kl bulu macan kan batunya kaya kaca,dan sy blm pernah liat bongkahannya ky apa.kl seraphinte..byk dikayon sby.hasilnya juga bulu juga…
    nga tua bulu apa pedagang pasti bilangnya bm….
    tapi gpp daripada dikira sintetis atau batu buatan…yg penting masih terdaftar di jenis batunya hehehe…oh ya..saran aja..gri emg selalu penuh..tapi harusnya ada waktu setelah penyerahan batu buat dikasih penjelasan jadi pemula nga bingung harus nyari info..trims…salam akik mania

    1. Iya pak, memang batu yang memiliki karakter yang seperti Tiger’s glass itu cukup banyak, bahkan bulan ini kami mendapatkan satu batu berwarna putih yang memiliki karakter yang sama juga, dan kami identifikasikan sebagai Scolecite.

      Sifat pasar memang demikian, jika terlihat hampir sama maka akan disebut dengan sebutan yang sama, begitu juga dengan batuan hijau cabochon yang biasanya juga hampir disebut sama. Namun dengan berjalannya waktu, budaya ini sudah mulai pulih.

      Mengenai Tiger’s glass sepertinya sudah ‘fix’, karena spesies ini memang ‘pegangan’ kami dari pertamanya, begitu juga dengan Seraphinte, Black maupun Green sudah ‘fix’ propertisnya. Untuk Bronzite, sejauh ini GRI memang mengidentifikasikannya dengan 2 karakter walaupun 1 propertis, salah satunya adalah dengan karakter ‘angel’s wing’, seperti karakter yang juga dimiliki oleh Seraphinite.

      Mengenai konsultasi, saya rasa tidak masalah. Kami selalu menemui jika ada permintaan. Tentu tidak setiap batu harus dikonsultasikan, dikarenakan banyaknya antrian.

      Terima kasih dan salam sukses, salam akik mania.

      1. Bulu macan mmang fenomena.. Apakah hnya sensasi utk lbih d akui ataukah krn keterbatasan referensi.. Mnciptakan trade market Dgn memecah bagian formula mineral menjadi tunggal berdiri sendiri “Basaltic glass” sungguh sangat fenomena smpai2 dunia geology khususnx mineralogy tidak mngakuinx (hanya di GRI ada gemstone basaltic glass) Lab2 lain pun blm ada yg mngakuinx (Nyari referensi gemstone bulu macan/tiger glass smpai k profesornx GIA pun pasti ngga ada penjelasan Dan baru kali ini ada lab yg membedakan antara jenis mineral basalt dgn basaltic glass (sama2 butiran2 crystal Panjang or pipih, bentukan lava, padahal k 2nya hnya beda dlm penulisan bahasa saja bukan beda mineral). Kalau basalt/basaltic glass berbeda dgn obsidian meski sma2 glass magma/lava itu baru dunia mineralogy mngakui krn 1 trbentuk butiran2 crystal (basalt/basaltic glass) 1nx lagi trbentuk glass2 padat (obsidian). Akhir kata krn sdh fix, apakah ini pembodohan publik atau sebuah kemunduran referensi.. Kmbali pd diri masing2..

  30. Selamat Siang Bro Jesse Taslim. Saya mau tanya apakah batu bulu macan kalau di sorot pake senter akan tembus cahaya? Maksudnya seluruhnya bukan sebagian sisi. Dan untuk menjawab pertanyaan sdr Uche, untuk lebih baiknya Bro JT mau mempublikasikan hasil uji Bulu Macan dengan jenis yg hampir mirip secara Foto ataupun Video dengan kualitas terbaik supaya kita yg awam jadi tambah wawasannya ttg Bulu Macan dan satu lagi kalau boleh tanya batu ini dari daerah mana penghasil pastinya dan bongkahan kasarnya seperti apa?

    1. Selamat siang,

      Kami pernah mendapatkan yang tingkat transparansinya di semi-transparant, mungkin dikarenakan tingkat ketebalan badan batunya. Mengenai contoh, sudah terdapat di artikel ini, jika anda mengenal komunitas yang benar benar pemain murni ‘Tiger’s Glass’ maka anda akan temukan bongkahan besarnya.

      Terima kasih

  31. sebetulnya batu bulu macan tiger glass itu dari proses pengeristalan oleh panasnya lahar atau slag pembakaran tungku ketel uap… bukannya jaman bahela kereta api menggunakan sistem ketel uap… slag pembakaran dibuang disekitar rel kereta pembawa tebu…kalo memang tiger glass dari slag pembakaran batu bara yg terkontaminasi oleh glukosa dari tebu … apa bisa dibilang natural glass…

  32. selamat pagi OM, sebelumnya terimakasih banyak telah memposting beberapa artikel yang sangat berguna bagi kami pecinta batu mulia dan batu akik, akhir -akhir ini banyak beredar batu batu mulia dan akik yang asing namanya dan aneh aneh bentuknya, mau tanya OM kalau batu kecubung serat cendana emas itu sintetis apa natural ya? soalnya kalau dilihat dari bentuknya yang sudah jadi seperti kaca. tolong di ungkap secara detail supaya konsumen tidak tertipu. terimakasih

    1. Selamat siang,

      Mungkin yang anda maksud Rutillated Quartz, jika memang benar ini, maka natural dan spesiesnya memang Rock Crystal Quartz yang memang bisa terlihat seperti kaca. Tinggal treatmentnya saja nanti dipastikan.

      Terima kasih

  33. Pak JT, saya lihat di situs belanja online ada yg menjual batu pyrus dilengkapi memo dari GRI dg comment “Polymer Impregnated”. Maksudnya apa ya pak? Dan apakah treatment tsb tergolong treatment berat atau ringan? Terimakasih.

    1. Polymer dilakukan untuk menstabilkan dan membuat permukaan lebih mengkilap, treatment ini bersifat lumrah, namun tentu lebih baik dengan tidak adanya treatment.

      Terima kasih

  34. Met sore Gan Jesse…

    Ane pemerhati dari jenis tiger glass, walau bukan kolektor dan pemakai. Cuma saya lihat tiger glass alias basaltic glass berkesan mirip dengan victoria stone alias limori stone dari Dr. Imori.

    Apakah dari pihak GRI pernah melakukan perbandingan antara tiger glass dan limori stone..? dikarenakan secara efek bulu 3D, mengandung glass dan kesan juga body glass.

    Kebetulan saya punya limori stone, size tidak terlalu besar hanya 1cm lebih sedikit berbentuk oval, pas sebagai cincin, rencana saya memang akan melakukan memo di GRI utk jenis limori

  35. setelah saya perhatikan ternyata bulu macan (basaltic glass) dan bulu monyet(seraphinite) benar2 beda secara kasat mata. Kalao macan dasarnya hitam klo monyet agak coklat dan macan lebih kristal. untuk kilounya hampir sama walau tidak sama persis dan juga harga sangat jauh. Cuma yang saya ingin tahu basaltic glass itu dari mana

  36. pagi Pak JT, saya menemukan fosil di pantai selatan tepatnya di pantai GUA CINA Sumber Manjing Malang Selatan Jawa Timur . Fosil tersebut berbentuk seperti ular tapi kepalanya seperti keong, warna kulit luarnya krem dalamnya putih susu sampai bening. Panjangnya sekitar 47 cm, bagian kepala bergaris tengah 1,5cm, bagian tengahnya 3cm ekornya 1cm. Fosil tsb saya temukan dalam sebongkah batu karang sebesar 50x17x30cm,Apakah fosil tsb langka atau biasa2 saja atau banyak ditemukan di pantai selatan. SEkian mohon komennya trimakasih

  37. Sore Pak JT, menurut saya BG ya tetapBG(basaltic glass) sedang BM ya tetap BM(bulu macan seraphinite berwarna dasar coklat kehitaman berserat emas). Jadi nggak ada BM asli dan palsu dan Pak JT nggak perlu meneruskan konflik dgn Pak Ucha , beres gitu aja kok repot, saya bukan ibu pak saya laki2

  38. menurut saya BG(basaltic glass ) kilaunya sama sekali nggak ada kesan warna bulu macan, karena kilaunya bukan kuning keemasan tapi abu2 keputihan

    1. HAHAHAHA… ANDA SALAH PAK… namanya saja BASALTIC GLASS ya kyak gelas kincong hitam pekat.. terus adamotif serat putih ada juga kuning.. klo seraphinite tdk nge glas.. hitam keabuan kecoklatan.. kalopun kinclong tdk bisa nge glass kya beling 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.