Meteor, Meteorite, dan Tektite.

55 thoughts on “Meteor, Meteorite, dan Tektite.”

  1. perbedaan tektite dan moldavite yang sebenarnya apa Pak? di pasaran sering orang mengatakan tektite ATAU moldavite, yang berarti satu benda yang sama. Sedangkan saya sering dengar dari para gemslover senior, tektite dan moldavite itu berbeda.

    1. Berbeda pak, Obsidian adalah kaca alam yang terbentuk karena adanya proses vulkanik. Sedangkan Tektite dan Moldavite adalah sama, kaca alam yang terbentuk karena adanya proses meteorit.

  2. Pak, saya berencana mau me-memo-kan 4 koleksi Moldavite, apakah bisa disertakan origin dari moldavite tersebut? Dan butuh berapa lama proses memonya? Sebelum dan sesudahnya terimakasih

    1. Kebetulan memang untuk Moldavite tidak bisa di tentukan originnya pak, memang tidak semua batu permata bisa di tentukan originnya, untuk origin kami hanya memberikan kepada Korundum, Emerald, Chrysoberyl, Amethyst, Tsavorite, dan Tanzanite.

      Proses pemeriksaan jika melalui pengiriman, jika datang di pagi hari paketnya maka biasanya keesokan sorenya sudah kami kirim kembali ke alamat Bapak. Terima kasih

      http://www.grilab.net

  3. Malam Pak,, di waktu senggang saya sering berburu batuan, namun banyak yang belum saya tau jenis / nama mineralnya, mungkin Bapak Bisa bantu saya mengidentifikasi temuan saya, apa bisa melalui foto saja Pak, terima kasih ?

    1. Selamat malam pak, hal yang mustahil untuk mengidentifikasi sebuah batu permata hanya dengan melihat dari sebuah gambar. Membawanya ke lab permata adalah jalan yang terbaik. Terima kasih

  4. selamat siang pak , saya baru saja di beri batu meteorit yang jatuh di kalimantan , setelah saya gosok ternyata batu tersebut tidak mengkilat, apakah unsur dalam batu meteorit itu yang lebih lengkapnya ya pak , suwun

    1. Selamat malam pak, unsur dari Tektite adalah Silicon dioxide. Dengan luster ‘Vitreaous’ seharusnya bisa terlihat mengkilap ketika sudah di poles licin, mungkin maksud bapak warna dari batunya atau bagaimana pak?

      1. lalu apakah ada trik khusus untuk membedakan moldavite original dengan buatan dari kaca secara kasat mata pak… secara saat ini banyak beredar moldavite tanpa memo…

      2. Secara kasat mata agak riskan ya pak, kami memisahkannya dengan propertis, struktur, dan inklusi. Karakter struktur dan inklusi gelembung udara akibat dari impact meteor memang berbeda dengan glass hasil pabrikan, kurang lebihnya demikian pak.

  5. Didaerah saya tektite ini dinamakan satam
    Cuma sepertinya berbeda dengan tektite dari tempat lain, saya pernah melihat tektite yang tipis bisa tembus cahaya (translucent),, namun tektite(satam) didaerah saya tidak tembus. Mungkin beda mineral nya yah om?
    Trima kasih artikel nya om, banyak dapet ilmu di blog ini

    1. Betul pak, dikarenakan Tektite itu terbentuk karena adanya benturan keras dari meteor yang jatuh dan loncatan dari benturan tersebut bisa dekat dan bisa sampai ribuan kilometer jauhnya, sehingga karakter dari yang jatuhnya berdekatan dengan benturan dan yang jatuhnya jauh dari benturan akan menghasilkan karakter yang berbeda. Terima kasih

    1. Saya tidak bisa memastikan pak, dikarenakan julukan yang diberikan oleh ‘market’ tafsirnya bisa berbeda beda dan bahkan sebenarnya, Chatam (bukan satam) adalah nama sebuah perusahaan pembuat batu sintetik.

  6. Pak kenapa batu hitam saya pas di lab hasil nya man made glass ,padahal batu saya sebelum di gosok belum begitu mengkilat, pas di gosok mengkilapnya bukan main, klw memang itu man made glass kenapa kalau disenter tidak tembus dan tidak ada gelembung kaca sedikitpun. Thx

    1. Kami selalu memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan pengecekan ulang terhadap batunya. Kami mengharap Bapak bisa secepatnya menghubungi Kami dan berbicara langsung dengan saya mengenai masalah ini. Kebetulan tidak setiap hari saya me-reply website ini, fast-respon selalu di nomor lab Kami.

      Terima kasih

  7. 1 lagi pak ,dia berbeda dgn batuan lain, terdapat pori pori ,berat nya bkn main, pas saya ngeleb di pegadaian g-lab weight nya 101 crat, padahal sebesar jempol anak SMA .
    Menurut saya sih itu batu meteor ,setelah saya sercing di gugel terdapat kesamaan yg begitu mirip dgn pembesaran gambar di hp dan terdapat pori pori yg begitu byk.
    ternyata itu lg diburu dirusia pak, per gram 21 jt. Mengalahkan harga emas..
    Pak jika saya ke tempat bpk, apakah bpk bisa menjelaskan semua nya?
    Dan apakah meteor bisa di jual?
    Thx pak

    1. Pori pori batuan itu tidak terlihat pak, mungkin yang anda maksud adalah struktur. Memang struktur dari Tektite seperti bulat-bulat di permukaan, ada yang kecil dan sebaliknya, namun sebenarnya kandungan meteor itu tidak berbeda dengan ada yang di bumi, sehingga harga tidak bersangkutan dengan kandungan, namun lebih kepada hasrat ‘pasar’ menerimanya. Ada ‘pasar’ yang berhasrat untuk membelinya dengan harga tinggi dan sebaliknya. Terima kasih

  8. jadi gini lo pak, saya ingin join dgn bpk, saya pnya batu meteor yg saya sudah saya jelaskan di atas, aku ingin kerja sama dgn bpk..
    bpk bisa ngga jual kan batu meteor saya, nanti kita bagi hasil pak kalau misalkan batu itu terjual..
    apakah bpk mau?

  9. Artikelnya bagus2 sangat mencerahkan bagi yang awam tentang batuan, lebih2 disaat sekarang pada demam batu. Terimakasih banyak untuk dedikasinya.

  10. dimana saya bisa membeli maldovite yang asli beserta memmonya ? maaf krn saya masih awam tapi tertarik dg maldovite, terima kasih

    1. Anda bisa membelinya di mana saja, tapi tentu dengan persyaratan bahwa Moldavite tersebut sudah disertai dengan sertifikasi yang anda percaya.

      Terima kasih

  11. selamat siang pak jesse. saya ingin bertanya ttg batu yg d pasar brnama barjad api. ada yg bilang batu tsb adlh opalscent dan tektite atau obsidian. menurut bapak trmasuk jenis yg mana?
    dan utk opalscent apakah trmasuk natural atau man made?

  12. Selamat pagi pak Jesse Taslim, salam kenal,
    mohon pencerahannya pak… saya ada rencana mau beli secara online batu satam hijau,,,, green tektite, green moldavit..? dan sudah ada ket. dari Gem Lab sebelah pak (A** LAB) dan keterangannya adalah Natural Tektite (Natural Glass). Apakah sudah jaminan batu tersebut asli NATURAL? karena saya baca baca banyak dari jenis batu tersebut adalah palsu dan berasal dari negara negara tetangga, bagaimana cara mengetahui hal tersebut..? Terimakasih sebelumnya

    1. saya tidak mempunyai hak untuk menilai lab lain pak, justru anda sebagai pelanggan dapat memiliki hak untuk menilai sebuah lab. harap maklumnya, terima kasih.

  13. Terimakasih pak atas pencerahannya… tapi saya sudah mendapat jawaban di artikel bapak yang lain.. saya jadi tau apakah batu tersebut asli atau tidak.. sukses pak

  14. Selamat malam Om.. Saya telah banyak menyimak artikel2 yg Om buat.. sangat membantu saya lebih mengenal jenis dan karakter batuan yg ada di pasaran.. Terima kasih atas pencerahannya.. Saya tunggu artikel2 Om yg lain.. Trim’s

  15. Slamat Pagi Bapak Jesse Taslim, salam sejahtera.
    Saya telah membaca artikel Anda tentang Meteor, Meteorit dan Tekstite. Dari keterangan tulisan bapak saya jadi banyak mendapatkan pengetahuan yg sangat berarti. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada Bapak Jesse Taslim.
    Menilik foto yang Anda unggah pada atrikel diatas berdasarkan keterangan tulisan penyertanya saya memahami/ menyimpulkan bahwa foto/gambar dimaksud adalah foto/gambar dari material tekstite (tanpa keterangan yg lbh jelas).
    Yang ingin saya pohonkan dapi bapak adalah foto/gambar dari “meteorit”, karena dari tulisan yang bapak buat diatas saya menyimpulkan bahwa gambar/ foto yg tersedia itu adalah foto/gambar textite.
    Mungkin saya salah dlm memahami isi tulisan bapak tapi mungkin juga ada banyak pembaca yg salah memahami spt yg telah saya alami. Alangkah lebih bijaksana apabila Bapak sudi bersusah payah sedikit lagi bagi kami untuk mengunggah foto/gambar perbedaaan antara “textite” dengan “meteorit”.
    Tanpa sedikitpun mengurangi rasa hornat kami pada Bapak untuk tetap menyampaikan rasa terima kasih atas segala jerih payah Bapak untuk mencerdaskan kami.
    Salam sejahtera sekeluarga.

    1. Selamat pagi pak,

      Mengenai Meteorite, Anda bisa mendapatkan keterangan di google, bahkan banyak yang memperjual-belikan ‘Meteorite’ bisa Anda temukan.

      Terima kasih

  16. Selamat Malam pak, Saya ingin tanya ada beberapa Lab yang memberikan Obsidian berwarna Hijau sebagai Natural Tektite ( Natural Glass) , Sehingga banyak penjual dan pembeli menyimpulkan bahwa batu tersebut adalah Moldavite. Bagaimana pendapat bapak mengenai masalah ini, apakah betul Obsidian Berwarna hijau bisa dikatakan sebagai Natural tektite ?

    1. Selamat pagi pak, Obsidian adalah kaca alam proses vulkanik, sedangkan Tektite adalah kaca alam proses meteorit, keduanya adalah jenis yang berbeda dan tidak boleh diberikan nama yang sama. Mengenai adanya lab yang memberikan Obsidian sebagai Tektite tentu harus dipertanyakan, atas dasar apa memberikan kesimpulan tersebut.

      Terima kasih

      1. terima Kasih pak atas jawabannya. Saya salah satu penjual Tektite di Indonesia. saya sangat prihatin karena banyak obsidian hijau beredar di Indonesia disebut sebagai Natural tektite / Moldavite. Semoga teman-teman bisa lebih berhati-hati dalam membeli .🙂

  17. Selamat Malam Pak! Sy yg awam ini sengaja cari penjelasan tentang meteorit, dan artikel dlm blog sdr sangat bermanfaat bagi sy. Motivasinya krn beberapa hr lalu sy temukan batu meteorit (mungkin), warnanya hitam diluar dan kecoklatan di dalamnya dan bertabur sesuatu warna kuning berkilau (mungkin mineral emas krn tidak kotak2 seperti karakter pirit), merah, putih, hitam dan mungkin tektite hijau berkerlip warna warni didalamnya (kayak berlian). juga sy temukan tektite hitam tp disenter tembus berwarna hijau tua. Sekitar selang seminggu kemudian (padahal setelah ditemukan batu yg pertama, selama 3 hari berturut2 .sy cari ditempat itu tidak ada batu lain yg serupa) batu itu sy temukan lagi ditempat yang sama, jadi total yg hitam kecoklatan ada 2 butir . Sy berniat mengujikan ke lab sdr, tp sbelumnya tolong berikan tips sederhana dalam mengidentifikasi awal bahwa batu yang sy temukan itu benar masih jenis meteorit atau bukan. please.. n Tq

  18. Selamat malam pa,maaf mengganggu saya punya batu katanya asteroid ,nah yang saya tanyakan apa sih batu asteroid itu, apa perbedaan dengan batu meteor satam,terima kasih

    1. Selamat pagi pak, Asteroid jika diartikan secara harfiah, maka artinya : Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma (“ekor”) sementara asteroid tidak.

      Terima kasih

  19. Kebanyakan moldavit hijau2 yang beredar di pasaran setelah di lab keluarnya kok man made glass ya? untuk obsidian macam ini adakah cara paling simple untuk membedakan? terimakasih

    1. Memeisahkannya di propertis pak, kami pisahkan indeks bias dan berat jenisnya. Mengenai penampilan sudah banyak yang mampu membuat kaca terlihat seperti Moldavite. Terima kasih

  20. Salam kenal pak.
    Saya ingin bertanya apakah betul memo LAB dapat di palsukan, dalam artian batu sintetis di beri memo tetapi di memo tersebut di tuliskan NATURAL?, karna saya pernah mendengar dari orang2 sekitar saya pak.

    1. Salam kenal pak,

      Semua dapat dipalsukan pak, bahkan batu saja bisa ada sintetiknya. Selain dipalsukan juga bisa dihapus dan dirubah sesuai dengan keinginannya. Tinggal kita yang harus cermat dalam melihat keaslian serta mencheknya di E-Certificate.

      Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s