Ragam dan Prospek Ekonomi Batu Mulia Indonesia

28 thoughts on “Ragam dan Prospek Ekonomi Batu Mulia Indonesia”

  1. Sebuah kekayaan alam atas karunia Tuhan yang harus kita jaga dan kembangkan untuk kemajuan negeri tercinta.. Semoga artikel ini dapat menyadarkan kita untuk memulai…

  2. terimakasih pak JT untuk pencerahannya saya tahun lalu ke phuket thailand saya berkunjung ke tempat pembuatan batu disana tidak ada peta batu dari Indonesia yg ada malaysia singapura sebagai negara kepulauan yang benar2x kekayaan alam kita yg harus kita explore dan kita kenalkan ke dunia bahwa indonesia kaya juga akan bebatuannya contoh batu teratai bengkulu opal banten bacan maluku hendak pemerintah harus mulai memperhatikan batu indonesia dari menteri pariwisata,esdm,industri,perdagangan semua harus bersatu agar batu-batu Indonesia bisa di kenal dunia

    1. Selamat malam pak, memang pemerintah kita belum begitu mampu menyamai pemerintah Thailand dalam menyemangati dunia Batu Mulia, tetapi kita sebagai pecinta Batu Mulia juga harus mulai merubah kebiasaan lama seperti menjuluki sebuah Batu Mulia dengan penamaan lokal. Mari kita mulai menggunakan bahasa internasional, sehingga pengenalan Batu Mulia kita bisa lebih mudah lagi untuk dunia internasional.

      Terima kasih

  3. nice info mas…saya awalnya tau batu cuma akik and kecubung, pas baca ini wawasan jadi ke buka.
    and indonesia kayanya susah kalau kembangin batu hias ini jadi industri besar. di karenakan banyak hal

  4. mas sy ingin tahu tentang kalimaya bunglon, dari ilmu gemology penjelasannya apa ya? dan apakah kalimaya bunglon ini hanya yg berasal dari ethiopia saja atau ada juga yg dr banten. thanks mas, salam sukses

      1. kalau istilah pasar sy setuju pak, tapi kebetulan sy lihat sendiri perubahan warna pada wello opal, dari putih susu menjadi jernih transparent ketika dicelup dalam air. perubahan sekitar 65 detik. ukuran batu 2,9 cts. kelip atau jarong tetap ada pak / tidak hilang. jika di memo-kan apakah muncul color change seperti pada safir atau crysoberyl ?

      2. Fenomena yang anda jelaskan bukanlah fenomena color change pak, tapi memang Opal adalah Batu mulia yang memiliki sifat hydrophane, mampu menghisap air. Persentase volume air di dalam dapat membuat tranparansinya dan kembangnya berubah-ubah, sama seperti yang anda jelaskan diatas. Namun sifat ini juga berbeda-beda antara deposit yang satu dengan lainnya.

        Terima kasih

      3. Mohon maaf, ikut bertanya, Pak.
        Apakah perubahan warna yang terjadi pada Batu Rubah Banyuwangi juga seperti itu?
        Mungkin bisa juga Bapak JT jelaskan, kandungan apa yang dikeluarkan oleh Batu Rubah Banyuwangi sehingga mampu membuat warna air menjadi merah.
        Mudah-mudahan tidak mengandung zat yang berbahaya bagi manusia, dikarenakan saat ini banyak yang melakukan test pencelupan batu tersebut menggunakan gelas yang biasa digunakan untuk minum sehari-hari.
        Dan apakah sudah ada nama international untuk Batu Rubah Banyuwangi tersebut?

        Terimakasih.

        Salam.

      4. Selamat siang pak,

        Biasanya yang datang, hasil akhirnya adalah Chalcedony dengan treatment Dyed. Mengenai zat apa yang mereka gunakan, apakah berbahaya atau tidak ini bukan wilayah kami lagi pak. Kemungkinan bisa diperiksakan lebih lanjut di ahli mineral maupun departemen kesehatan.

        Terima kasih

    1. Chalcedony bisa terdapat di 50 negara lebih pak, jenisnya cukup beragam sehingga cukup sulit untuk merangkumnya. Tapi tidak menutup kemungkinan akan saya usahakan pak.

      Terima kasih

  5. pak jesse saya pernah dpt kicauan seorang teman kalau batu blue opal/ opal biru sukabumi adlh batuan gemstone terjelek krn utk pengolahannya gk bda maksimal. dari pengalaman pribadi bsa saya katakan benar kicauan tsb. krn pd saat masih bongkahan/ rough batu tsb berwarna biru tua/muda, tp pd saat d olah, hasil jadinya brwarna gelap/ hitam. tdk sama dgn warna awal.
    apakah bpk jesse pny saran agar pengolahan opal biru sukabumi ini menjadi indah dan maksimal?
    terimakasih sebelumnya.
    salam gemstone

    1. Selamat pagi pak, kebetulan untuk masalah perawatan dan pengolahan, tentunya pelaku pasar lebih tepat untuk ditanyai, mereka lebih fokus untuk hal ini, sedangkan kami lebih fokus untuk menganalisa spesies maupun treatmentnya. Terima kasih
      Salam Gemstone

  6. Salam, info saja bahwasanya di dabo singkep, kabupaten lingga, provinsi kepulauan riau, ada konsentrasi tormalin, kecubung(karang)…2014 warga dsana bnyk mnambang batuan tsb, trmasuk sy hny sj yg sy dpt black tormali(bahasa stempat turmalin buta) dan kecubung serat rambut halus…mungkin sisa2 specimennya akan sy kirim ke GRILAB utk dites apa bnar turmalin ato glass…juga ada giok khas daik lingga…

    1. Salam, boleh pak, tapi lebih baik jika sudah terpoles licin dengan ukuran yang tidak terlalu besar, agar kami maksimal dalam menganalisanya, kami tunggu kedatangannya, terima kasih dan salam sukses.

  7. Sungguh suatu ulasan yg diharapkan dpt meningkatkan rasa syukur atas anugrah yg diberikan Allah SWT thdp bumi Indonesia dan menjadi spirit bagi pecinta batu mulia agar lbh memberdayakan potensi yg telah dianugrahkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s